Alamat

Glugo, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul
Daerah Istimewa Yogyakarta 55188


No. Telpon

087-805-900-800


Email

sekretariat.meravi.id@gmail.com

bumdes

meravi

Koperasi

Koperasi Merah Putih

Potensi Pendanaan yang Dapat Dikoordinasikan untuk Pengembangan Koperasi Desa

16 May 2025

/

By: admin

potensi-pendanaan-yang-dapat-dikoordinasikan-untuk-pengembangan-koperasi-desa


Potensi pendanaan yang dapat dikoordinasikan untuk pengembangan koperasi desa
menjadi elemen kunci dalam mendorong kemajuan ekonomi lokal. Pendanaan yang tepat dan terencana memungkinkan koperasi untuk tumbuh berkelanjutan, memperkuat kelembagaan, serta memperluas manfaat bagi anggotanya.

Salah satu sumber utama pendanaan koperasi berasal dari APBN dan APBD. Pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran pembentukan 70.000 koperasi yang bersumber dari dua anggaran besar tersebut. Ini menjadi peluang besar bagi desa-desa untuk memulai koperasi baru, atau mengembangkan koperasi yang sudah ada agar lebih profesional dan berdampak. Namun, keberhasilan pemanfaatan anggaran ini sangat bergantung pada koordinasi antar-lembaga dan kesiapan desa itu sendiri.

Selanjutnya, Dana Desa juga menjadi potensi strategis yang dapat dimanfaatkan. Pemerintah desa memiliki kewenangan untuk mengalokasikan dana desa dalam rangka pengembangan potensi ekonomi lokal. Salah satu pendekatan yang efektif adalah menyalurkannya melalui koperasi. Dengan menggunakan koperasi sebagai pengelola, maka dana desa dapat menghasilkan dampak jangka panjang dan menciptakan ekosistem ekonomi yang mandiri serta inklusif.

Dukungan lain datang dari sektor perbankan melalui HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara). Skema pembiayaan khusus yang dirancang bagi program Kopdes Merah Putih menjadi pintu masuk bagi koperasi dalam memperoleh pembiayaan yang terjangkau. Kehadiran HIMBARA juga bisa mempercepat proses pembentukan koperasi, terutama yang membutuhkan modal awal dalam jumlah besar. Di sisi lain, koperasi perlu memenuhi persyaratan administratif dan kelayakan usaha agar dapat mengakses skema ini secara optimal.

Tidak kalah penting, modal awal pendirian koperasi juga berasal dari internal anggota koperasi sendiri. Sumber ini berbentuk simpanan pokok dan simpanan wajib. Meski terlihat sederhana, kontribusi awal ini sangat vital karena menjadi dasar kepemilikan dan komitmen anggota terhadap koperasi. Tanpa adanya partisipasi dari anggota, koperasi akan sulit beroperasi secara sehat dan transparan.

Selain pembiayaan internal dan perbankan, koperasi juga dapat memanfaatkan hibah. Penerimaan hibah dari pemerintah maupun lembaga donor dapat diarahkan untuk memperkuat potensi ekonomi lokal. Namun, penggunaan hibah ini harus dikelola secara akuntabel, dengan perencanaan program yang jelas dan terukur. Penggunaan dana hibah untuk koperasi harus mengacu pada kebutuhan riil masyarakat desa agar tidak mubazir atau tumpang tindih dengan program lain.

Sumber terakhir adalah dana CSR dari perusahaan nasional maupun internasional. Dana CSR dapat digunakan untuk berbagai kegiatan pemberdayaan koperasi seperti pelatihan, pengembangan SDM, dan pendampingan usaha. Ini menjadi kolaborasi yang saling menguntungkan antara sektor swasta dan masyarakat desa. Melalui skema CSR, koperasi tidak hanya mendapat dana tetapi juga transfer pengetahuan dan jaringan bisnis.

Dengan banyaknya potensi pendanaan yang dapat dikoordinasikan untuk koperasi desa, diperlukan sinergi antara pemerintah, lembaga keuangan, swasta, dan masyarakat. Desa harus mampu menyusun rencana bisnis koperasi yang baik, transparan, dan berorientasi pada pemberdayaan. Tanpa strategi yang matang, sumber dana yang tersedia akan sulit diakses dan tidak memberi dampak maksimal.

Akhirnya, penting untuk diingat bahwa pendanaan hanyalah salah satu bagian dari proses pengembangan koperasi. Faktor lain seperti kepemimpinan, tata kelola, dan partisipasi anggota turut menentukan keberhasilan koperasi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, potensi pendanaan koperasi perlu diimbangi dengan penguatan kapasitas SDM dan peningkatan integritas kelembagaan koperasi desa.

ARTIKEL LAINNYA

sinkronisasi-tata-kelola-keuangan-bumdes-koperasi-dan-umkm

BUMDes

22 May 2025

/

By: admin

Sinkronisasi Tata Kelola Keuangan BUMDes, Koperasi, dan UMKM
Read More
peran-strategis-fasilitator-dalam-pemberdayaan-ekonomi-desa

BUMDes

22 May 2025

/

By: admin

Peran Strategis Fasilitator dalam Pemberdayaan Ekonomi Desa
Read More
sinkronisasi-koperasi-umkm-dan-bum-desa-fondasi-ekonomi-desa

BUMDes

22 May 2025

/

By: admin

Sinkronisasi Koperasi, UMKM, dan BUM Desa: Fondasi Ekonomi Desa
Read More
sinkronisasi-kelembagaan-ekosistem-ekonomi-desa-desain-kelembagaan-sinkronisasi-koperasi-umkm-dan-bum-desa

BUMDes

22 May 2025

/

By: admin

Sinkronisasi Kelembagaan Ekosistem Ekonomi Desa: Desain Kelembagaan Sinkronisasi Koperasi, UMKM, dan BUM Desa
Read More
penguatan-lima-pilar-untuk-sinkronisasi-koperasi-umkm-bumdes-untuk-kebangkitan-nasional-dari-desa

BUMDes

20 May 2025

/

By: admin

Penguatan Lima Pilar untuk Sinkronisasi Koperasi UMKM Bumdes untuk Kebangkitan Nasional dari Desa
Read More
dari-desa-untuk-indonesia-koperasi-sebagai-model-ekonomi-alternatif

BUMDes

19 May 2025

/

By: admin

Dari Desa untuk Indonesia : Koperasi sebagai Model Ekonomi Alternatif
Read More