22 January, 2021
Pengertian Sistem Pengendalian Internal (SPI)

Mengapa SPI ini Penting untuk Setiap Organisasi?

Dalam sebuah Organisasi yang baik tentu didalamnya pasti ada sebuah sistem manajemen yang baik. Sehingga mampu mengarahkan sebuah organisasi ini ke jalan yang baik dan bisa bertumbuh menjadi sebuah organisasi yang besar.

Dalam sebuah Organisasi ada satu hal yang dibutuhkan untuk sebagai pendeteksi awal apabila ada dalam sebuah Organisasi ini kejanggalan. Sistem ini disebut dengan Sistem Pengendalian Internal (SPI). Baca Pengertian Sistem Pengendalian Internal (SPI)

Apakah yang dimaksud dengan Sistem Pengendalian Internal ini ? Pengendalian Internal adalah suatu perencanaan yang meliputi struktur organisasi dan semua metode dan alat-alat yang dikoordinasikan yang digunakan di dalam perusahaan dengan tujuan untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi, mendorong efisiensi, dan membantu mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen yang telah ditetapkan.

Dari definisi singkat di atas dapat kita bisa menarik kesimpulan bahwa tujuan adanya sistem pengendalian internal adalah untuk;

  1. Menjaga kekayaan organisasi.
  2. Memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi.
  3. Mendorong efisiensi.
  4. Mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.

Dilihat dari tujuan tersebut diatas maka sistem pengendalian internal secara umum dapat dibagi menjadi dua  bagian pengendalian yaitu Pengendalian Internal Akuntansi (Preventive Controls) dan Pengendalian Internal Administrasi (Feedback Controls).

Pengendalian Internal Akuntansi dibuat untuk mencegah terjadinya inefisiensi yang tujuannya adalah menjaga kekayaan perusahaan dan memeriksa keakuratan data akuntansi.

Pengendalian Administratif dibuat untuk mendorong dilakukannya efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakkan manajemen.(dikerjakan setelah adanya pengendalian akuntansi) Contoh : pemeriksaan laporan untuk mencari penyimpangan yang ada, untuk kemudian diambil tindakan.

Tentu untuk memiliki Sistem Pengendalian Internal yang baik tidak bisa langsung untuk dilakukan. Ada berbagai macam upaya yang perlu dipersiapkan jika kita ingin memiliki SPI yang baik untuk Organisasi yang kita kelola.

Oleh sebab itu untuk meningkatkan kemampuan Bagian SPI di Organisasi yang Bapak/Ibu pimpin ini bisa mengikuti Pelatihan SPI yang kami selenggarakan. Pelatihan SPI yang kami selenggarakan ini bisa Offline maupun Online.

Jika menghendaki secara Offline tentu di Era Pandemi sekarang ini kita harus mematuhi semua Protokol Kesehatan yang ada. Kami Meravi.ID siap menerapkan protokol kesehatan yang ada di Era New Normal ini. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai Pelatihan ini, bisa langsung menghubungi di tombol whatsapp yang ada di bawah layar smartphone Bapak/Ibu. Atau jika tidak bisa, bisa langsung menghubungi kami di halaman Hubungi Kami.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami