28 September, 2020
Pengertian Sistem Pengendalian Internal (SPI)

Pengertian Sistem Pengendalian Internal (SPI)

Dalam sebuah Organisasi tentu didalamnya ada sebuah sistem yang berfungsi untuk pengendali/control dalam sebuah Organisasi. Sistem ini secara umum bertujuan untuk memastikan sebuah perusahaan atau organisasi berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tidak menyalahi aturan.

Namun, apakah sebenarnya sahabat mengetahui tentang Sistem Pengendalian Internal (SPI)? Berikut ini adalah Pengertian Sistem Pengendalian Internal (SPI) menurut beberapa Ahli ;

Menurut Mulyadi (2001, 183) Sistem pengendalian internal meliputi organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipenuhinya kebijakan manajemen.

Menurut Bambang Hartadi, (1993,3) Sistem Pengendalian Internal adalah: Sistem Sosial yang mempunyai wawasan dalam organisasi perusahaan, terdiri dari kebijakan, teknik, prosedur, alat-alat fisik, dan dokumentasi orang-orang yang berinteraksi satu sama lain.

Menurut Warren, Reeve, & Fees (1999, p183) Pengendalian internal merupakan kebijakan dan prosedur yang melindungi aktiva dari penyalahgunaan, memastikan bahwa informasi akurat dan memastikan bahwa perundang-undangan serta peraturan dipatuhi sebagaimana mestinya.

Menurut Michael P. Cangemi dan Tommie Singleton (2002, p.66), pengendalian internal adalah aturan, praktek, prosedur, dan peralatan yang dirancang untuk :

  1. Keamanan asset yang berhubungan dengan badan hukum
  2. Meyakinkan akurasi dan kepercayaan perolehan data dan informasi produk
  3. Mendapatkan efisiensi
  4. Mengukur pemenuhan dengan aturan yang berhubungan dengan badan hukum
  5. Mengukur pemenuhan dengan regulasi-regulasi
  6. Mengatur kejadian-kejadian negatif dan pengaruh dari penyuapan, kejahatan dan aktivitas pengrusakan.

Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian internal meliputi metode dan kebijakan yang terkoordinasi di dalam perusahaan untuk mengamankan kekayaan perusahaan, menguji ketepatan, ketelitian dan keandalan catatan / data akuntansi serta untuk mendorong ditaatinya kebijakan manajemen.

Menurut The Committee of Sponsoring Organization (COSO) yang dikutip oleh Bodnar dan Hopwood (2001:182) adalah sebagai berikut:

“Internal control is process -effected by an entity’s board of director, management, and other personal- designed to provide reasonable assurance regarding achievement of objectives in the following categories:

  • Reliability of financial reporting
  • Effectiveness and efficiency of operation, and
  • Compliance with applicable laws and regulations”.

Jadi pengendalian internal adalah proses yang dapat dipengaruhi manajemen dan karyawan dalam menyediakan secara layak suatu kepastian mengenai prestasi yang diperoleh secara objektif dalam penerapannya tentang bagian laporan keuangan yang dapat dipercaya, diterapkannya efisiensi dan efektivitas dalam kegiatan operasional perusahaan dan diterapkannya peraturan dan hukum yang berlaku agar ditaati oleh semua pihak.

Bagi sahabat SPI yang ingin berlatih lebih dalam bagaimana menjadi Auditor SPI, kami Meravi.id mengadakan Pelatihan SPI yang bisa sahabat ikuti untuk lebih memperdalam lagi pengetahuan mengenai SPI. Jika ada informasi yang ingin ditanyakan mengenai Pelatihan SPI ini silahkan langsung chat kami melalui Whatsapp yang ada di Layar Smarphone Sahabat.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hubungi Kami