Universitas Pendidikan Ganesha Bali Perkuat Tri Darma Perguruan Tinggi dengan Menggandeng Bumdes.id

Pada pertengahan Februari 2021, Universitas Pendidikan Ganesha Bali sebagai salah satu perguruan tinggi bereputasi di Pulau Dewata menggandeng Bumdes.id untuk melakukan program pendampingan dan kemitraan kerjasama dengan ribuan bumdes-bumdes di Indonesia. Kampus yang terkenal dengan sebutan Undhiksa ini mulai melirik badan usaha milik desa sebagai fokus utama untuk tujuan pengabdian masyarakat dan magang dosen dengan mahasiswa.

Undhiksa, khususnya Fakultas Ekonomi akan mulai menerjunkan mahasiswa dan dosen serta civitas akademika khususnya program studi Pendidikan Ekonomi, D3 Akuntansi, S1 Akuntansi, S1 Manajemen dan D3 Perhotelan untuk terjun magang dan pendampingan dengan bumdes-bumdes di seluruh Indonesia melalui jaringan yang dimiliki Bumdes.id. Undhiksa sendiri menunjuk Bumdes.id sebagai mitra strategis tri darma perguruan tinggi ini karena reputasi Bumdes.id dalam mendampingi ribuan bumdes di Indonesia.

Bumdes.id yang berada di bawah Syncore Indonesia dan Meravi ID merupakan aggregator pengembangan dan pendampingan desa serta bumdes yang telah banyak melahirkan desa-desa unggulan di Indonesia. Kemitraan strategis yang dibangun Bumdes.id dengan ribuan bumdes-bumdes ini telah menghasilkan bumdes unggulan dengan omset ratusan miliar serta desa unggulan dengan branding komoditi baru. Bumdes.id sendiri melakukan kerjasama-kerjasama dengan berbagai pihak dan dengan berbagai skema.

Seperti yang telah dilakukan Undhiksa untuk mengembangkan tri darma perguruan tinggi khususnya di bidang pengabdian masyarakat, Bumdes.id juga bekerjasama dengan pihak industri dalam pengembangan corporate social responsibility (CSR) misalnya mengembangkan program kompetisi desa brilian dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), serta dengan PT. Sarihusada (Danone) dalam bentuk CSR desa di Desa Kemudo Klaten Jawa Tengah.

Pada program kemitraan berbasis CSR ini, Bumdes.id bersama dengan Sarihusada dan Bank BRI berhasil melahirkan desa-desa unggulan baru di Indonesia dengan branding baru dan tentunya dengan tata kelola desa yang lebih maju dan unggul. Kemudo yang menjadi proyek percontohan Bumdes.id bahkan mendapat apresiasi dari Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

            Sementara dengan skema kemitraan dengan perguruan tinggi misalnya dengan Undhiksa, kemitraan berbasis pengabdian masyarakat ini akan memudahkan mahasiswa dan dosen Undhiksa untuk terjun langsung ke masyarakat desa, mendorong percepatan pertumbuhan bumdes serta memberikan bekal dan wawasan bagi mahasiswa ketika nantinya lulus dan masuk ke dunia kerja. Sementara dengan skema perguruan tinggi yang lain melalui kampus merdeka, maka mahasiswa dapat terjun magang ke bumdes, pengalaman magang ini nantinya akan dikonversi menjadi sistem kredit semester di dalam penilaian kurikulum dan mendapat sertifikat pendamping kelulusan ketika yudisium.

Anda bisa meniru jejak langkah Undhiksa dan kampus-kampus lain untuk bekerjasama dengan Bumdes.id dengan berbagai skema kemitraan, dan dapat langsung menghubungi Sekretaris Perusahaan Bumdes.id Risa Pulung di: 0858-7874-4275

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami