Pelatihan Rumah Sakit

Pelatihan Rumah Sakit

Rumah sakit merupakan institusi pelayanan jasa yang mengedepankan kepuasan pelanggan dan ketepatan, serta kecepatan dalam bertindak. Dalam menghadapi persaingan industri pelayanan kesehatan yang makin ketat, pelatihan rumah sakit untuk meningkatkan profesionalitas dalam mengelola manajemen cukup mempengaruhi.

Pengelolaan manajemen yang baik akan memiliki dampak besar pada pemenuhan berbagai tuntutan di bidang pelayanan kesehatan. Untuk mewujudkannya, dimulai dari penyusunan dokumen perencanaan bisnis dan penganggaran tahunan RBA (Rencana Bisnis Anggaran). Dokumen tersebut menggambarkan program, kegiatan, standar pelayanan minimal, target kinerja dan anggaran BLUD.

RBA sebagai pedoman dalam mengelola organisasi dapat mengestimasikan mengenai apa yang dilakukan suatu organisasi di masa yang akan mendatang, sehingga setiap anggaran dapat memberikan informasi terkait kegiatan suatu organisasi dalam beberapa periode mendatang.

Anggaran juga dapat berfungsi sebagai alat pengawas terhadap kebijakan yang dipilih dan cara pelaksanaannya. Karena, sesuai Permendagri 61 tahun 2011, penyusunan anggaran harus berdasarkan prinsip anggaran berbasis kinerja, perhitungan akuntansi biaya sesuai jenis layanan, kebutuhan pendanaan dan kemampuan pendapatan.

Selain soal anggaran, Standard Operating Procedure (SOP) keuangan juga menjadi hal krusial dalam pengelolaan manajemen rumah sakit. Dengan aturan yang jelas, maka hal ini sangat memungkinkan untuk meminimalisir tindak penyelewengan atau pemborosan.

SOP dapat membantu pengendalian internal dan menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami, relevan, dapat dibandingkan dan diandalkan, serta sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi umum yang berlaku.

Sehingga mendapatkan informasi keuangan secara tepat waktu, akurat, lengkap dan memiliki pedoman kebijakan, alur serta prosedur akuntansi keuangan yang sesuai dengan perkembangan praktik-praktik akuntansi yang berlaku di Indonesia, serta memudahkan dalam menyusun laporan keuangan bagi staf akuntansi dan keuangan.

Setelah SOP beres, pelatihan rumah sakit berikutnya ialah menyusun Laporan keuangan berbasis SAK. Penyusunan laporan ini dapat dilakukan menggunakan aplikasi PPK BLUD. Aplikasi ini adalah laporan keuangan dengan standar yang dibuat oleh Ikatan Akuntan Indonesia dengan dasar SAK ETAP.

Berdasarkan aturan tersebut, aplikasi PPK BLUD mengembangkan pelaporan keuangan berbasis SAK. Laporan tersebut adalah neraca, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, laporan atas catatan laporan keuangan, serta berdasarkan KSAP13.

Maka ada penambahan LRA (Laporan Realisasi Anggaran) dan laporan SAL (Saldo anggaran Lebih). Ke tujuh laporan tersebut sudah terakomodir di dalam aplikasi PPK BLUD.

Untuk menjamin akuntabilitas dan membantu manajemen dalam usaha mencapai tujuan organisasi, wajib bagi rumah sakit memiliki Laporan Keuangan berbasis SAK untuk Rumah Sakit BLUD.

Agar fungsi tersebut bisa terbentuk dan berjalan dengan baik diperlukan pemahaman tata aturan, tugas pokok dan fungsi serta teknik-teknik dalam pengendalian internal.

Komponen terpenting dalam tata kelola manajemen rumah sakit berikutnya ialah dari sumber daya manusia (SDM). SDM merupakan elemen organisasi yang sangat penting. SDM merupakan pilar utama sekaligus penggerak roda organisasi dalam upaya mewujudkan visi dan misinya.

Karenanya, harus dipastikan sumber daya ini dikelola sebaik mungkin agar memberi kontribusi secara optimal. Maka diperlukan sebuah pengelolaan secara sistematis dan terencana, agar tujuan yang diinginkan dimasa sekarang dan masa depan bisa tercapai.

Pelatihan rumah sakit melalui manajemen SDM mampu mengelola dan mengembangkan kompetensi personil, agar mampu merealisasikan misi rumah sakit dalam rangka mewujudkan visi menjadi BLUD dan menjawab tantangan pelayanan industri kesehatan yang tepat dan cepat, dengan profesionalitas yang membanggakan.

Bagaimana, Anda sudah siap meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit Anda sekarang? Kami tunggu Anda dalam pelatihan rumah sakit berikutnya.

 [quform id=”1″ name=”Pelatihan”]

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami