Pelatihan Membangun Brand Untuk UKM

Meravi.IDPara pelaku usaha seperti penjual sekaligus pemroduksi makanan, minuman maupun kerajinan memiliki kontribusi yang besar bagi Keluarga dalam meningkatkan pendapatan, maupun perekonomian daerah. Perkembangan Usaha Kecil Menengah ini merupakan indikator keberhasilan ekonomi suatu wilayah di Indonesia.

Namun keterbatasan kemampuan serta keahlian masyarakat dalam memasarkan merek (brand) produk yang dihasilkan, terkadang cukup menjadi kendala. Oleh karena itu perlu adanya motivasi seperti pelatihan membangun brand secara berkelanjutan, sehingga masyarakat memiliki kemampuan dan pendapatan yang tinggi.

Disadari atau tidak, ketika Anda membeli sebuah produk seperti minuman, pasti akan memilih produk dengan merek terkenal dan kualitas yang bagus. Merek suatu produk bisa menjadi tolok ukur suksesnya sebuah perusahaan. Brand ini dapat Anda bangun sendiri melalui pelatihan membangun brand.

Dari sini, pihak pemasaran bisa mengembangkan brand management (merek usaha) untuk UKM maupun usaha skala besar lainnya. Untuk menciptakan brand atau merek yang dicintai konsumen tidaklah mudah. Untuk itulah dibutuhkan ketelatenan dan meluangkan waktu untuk menekuninya melalui pelatihan membangun brand ini. Merek akan mudah dikenal dan melekat dihati konsumen, jika konsumen sering membeli produk dengan merek tersebut.

Demikian juga dengan UKM, usaha kecil dan menengah ini banyak dijalankan oleh masyarakat yang memiliki modal kecil atau pas-pasan. Brand management untuk UKM ini sangat diperlukan agar pemasaran bisa lebih efektif dan menjangkau semua masyarakat.

Tak heran jika kini semakin banyak UKM yang giat mencari cara untuk meningkatkan merek usahanya melalui pelatihan membangun brand ini. Dengan adanya brand atau merek ini, masyarakat akan mengetahui dan mengenal produk tersebut. Merek ini kemudian bisa membantu dalam penjualan produk tersebut.

Adanya brand ini bisa menjadi penguat bisnis Anda, karena dengan brand yang bagus, orang semakin percaya dengan kualitas produk tersebut. Brand management untuk UKM ini sangat diperlukan untuk mengalahkan persaingan bisnis yang banyak. Sementara sebagian besar usaha di negara kita adalah usaha kecil menengah yang dijalankan oleh masyarakat dengan modal kecil dan pengetahuan minim. Jika brand telah dibuat, maka dengan mudah brand management untuk UKM bisa dijalankan.

Membangun brand tidak lantas terputus pasca pelatihan, namun dapat Anda terapkan di luar jam pelatihan membangun brand dengan bekal yang Anda dapatkan. Dalam proses branding kadang perusahaan bisa menghabiskan banyak biaya, namun itu semua kadang sia-sia.

Branding tidak harus dengan biaya yang besar namun ketepatan dan strategi dalam promosi merek itulah yang lebih utama. Sia-sia saja bila Anda mempromosikan merek produk dengan biaya besar, sedangkan anda belum merencanakan apa yang seharusnya lebih dulu dikerjakan.

Maka melalui pelatihan ini, Anda akan memahami secara langsung sekaligus menerapkan strategi branding yang murah dan mudah. Tanpa Anda sadari, keuntungan yang besar sudah menanti di depan sana, jika brand produk Anda dikenal luas seiring kualitasnya yang diakui. Semakin baik merek yang dibangun semakin banyak pula konsumen yang mempercayai produk tersebut. Kepercayaan konsumen menjadi awal yang baik bagi kemajuan usaha anda.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami