8 May, 2021

Kolaborasi 1000 Bumdes Industri dan Kampus

Kolaborasi 1000 Bumdes Industri dan Kampus merupakan salah satu agenda Scale Up Bumdes 2021. Saat ini sudah ada sekitar 2100 an Bumdes yang mendaftar di acara Scale Up Bumdes 2021. Sahut Rudy Suryanto saat membuka acara Kolaborasi 1000 Bumdes Industri dan Kampus 2021.

Desa tengah menjadi sorotan, berbagai kalangan berlomba-lomba untuk mendukung program Pemerintah yaitu guna meningkatkan Ekonomi Indonesia dari Desa. Tentu program ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada dukungan dari berbagai macam pihak.

Kolaborasi antar lembaga saat ini juga sedang digaungkan oleh Pemerintah. Kolaborasi dalam acara Scale Up BUMDES ini melibatkan dua Kementrian yaitu Kementrian Desa dan Kementrian Pendidikan. Dalam acara ini juga turut dihadiri Prof Nizam selaku Dirjen DIKTI Kemendikbud RI dan Sekjen Kemendesa PDTT Bapak Taufik Madjid.

Acara Kolaborasi 1000 Bumdes Industri dan Kampus ini dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2021.

Acara dimulai dari Arahan Pak Taufik Madjid (Sekjend Kemendes PDTT) tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2021 dan Upaya Revitalisasi Bumdes. Penerapan inovasi penting untuk menghadapi perubahan-perubahan sehingga harus diikuti dengan kreativitas untuk memajukan masyarakat. Tentu hal ini bisa lebih cepat tercapai dengan adanya kolaborasi antar lembaga di atas.

Disisi lain, Pak Taufik Madjid juga menyampaikan Prinsip penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021 yaitu sebagai berikut;

  1. Kemanusiaan
  2. Keadilan
  3. Kebhinekaan
  4. Keseimbangan Alam
  5. Kepentingan Nasional

Selain itu juga Bapak Taufik Madjid menyampaikan tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa diarahkan untuk percepatan pencapaian aksi SDGs Desa melalui program sebagai berikut;

  1. Pemulihan ekonomi nasional
  2. Program prioritas nasional
  3. Adaptasi kebiasaan baru Desa

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Bapak Nizam dari Dirjen DIKTI Kemendikbud RI. Dalam materi yang diberikan ini berkaitan dengan Perguruan Tinggi yang harus bisa cepat beradaptasi dalam mengembangkan potensi yang ada di negeri.

Berbagai jalan bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan mendorong mahasiswa untuk berada di luar kampus melalui berbagai macam kegiatan yang bisa diikuti melalui Kegiatan Kampus Merdeka. Berikut ini adalah beberapa Kegiatan Kampus Merdeka ;

  1. Pertukaran mahasiswa
  2. Magang
  3. Mengajar di sekolah
  4. Penelitian
  5. Membangun desa
  6. Studi/proyek mandiri
  7. Kewirausahaan mahasiswa
  8. Proyek kemanusiaan

Kerjasama antara Kemendikbud, Kemendes, dan Bumdes harus saling bergandengan tangan untuk berkolaborasi dan bergotong royong untuk membantu negeri, melalui program Pendampingan pengelolaan Bumdes dan peningkatan keahlian & kapasitas pengurus Bumdes, Nilai tambah dalam pemanfaatan Sumber Daya Alam, Memfasilitasi kerjasama dengan pihak terkait dunia industri.

Bagi sahabat yang terlewatkan untuk mengikuti acara Kolaborasi 1000 Bumdes Industri dan Kampus ini sahabat bisa menyaksikannya kembali di youtube bumdes tv.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami