BRI Gandeng Bumdes.id Mitra Pelaksana Program Pelatihan Deepening Desa BRILian 2023

 

Sebagai bank yang memiliki fokus kepada segmen usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), peran BRI tidak terbatas sebagai Lembaga intermediary keuangan, guna mendukung stabilitas ekonomi serta keberlanjutan usaha para pelaku UMKM maka BRI terpanggil untuk melakukan aksi pemberdayaan baik kepada individu pelaku usaha maupun pemberdayaan lembaga desa. 

Setelah sukses menyelenggarakan Program Desa BRILian dari tahun 2020-2022, di tahun 2023 ini bank BRI menyelenggarakan program Deepening Desa Brilian atau pemberdayaan lanjutan berupa pendalaman materi yang diberikan kepada peserta Desa Brilian tahun 2020-2022 lalu. Bentuk pemberdayaan berupa pelatihan dan pendampingan baik soft -competency dan hard-competency. Diharapkan dengan program ini dapat menjadikan desa – desa binaan BRI sebagai role model pengembangan desa lainnya di Indonesia.

Dalam acara technical meeting Pelatihan Program Deepening Desa BRILian 2023 yang diselenggarakan pada Selasa, 18 Juli 2023 melalui platform zoom meeting, Ibu Umi selaku Assistant Vice President Social Entrepreneurship & Incubation Division BRI menyampaikan bahwa Desa Brilian ini merupakan desa binaan BRI yang memiliki seluruh atau kombinasi dari empat aspek utama. Program Deepening ini ditujukan untuk seluruh BUM Desa yang sudah pernah mengikuti program Desa BRILIan dari tahun 2020-2022 sebagai bentuk penguatan kelembagaan serta SDM dari BRI.

Dalam pelaksanaan Program Deepening Desa BRILian 2023 ini, BRI kembali menggandeng Bumdes.id sebagai mitra pelaksana program untuk 11 kali pelatihan Online. Bumdes.id merancang kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan BUM Desa berdasarkan level yang berbeda-beda. Dalam pelaksanaan program ini terdapat 4 kurikulum yang dapat diikuti oleh Desa maupun BUM Desa, diantaranya adalah (1) Legalitas BUM Desa (2) BUM Desa sebagai Penggerak Ekonomi (3) Tata Kelola dan Manajemen BUM Desa dan (4) Digitalisasi BUM Desa. 

Pelatihan Program Deepening Desa BRILian 2023 memiliki konsep yang berbeda dimana peserta pelatihan dapat memilih kelas pelatihan sesuai dengan level dan kebutuhan masing-masing peserta. Direktur Eksekutif Bumdes.id Ibu Diana Artha menyampaikan dalam Acara Technical Meeting Pelatihan Deepening Desa BriLian 2023 bahwa pelatihan akan dilaksanakan secara online melalui platform zoom meeting selama 2 (dua) bulan dengan 11 kali pertemuan. Pelatihan Deepening Desa BriLian 2023 dimulai tanggal 4 Agustus 2023 dan berakhir pada 18 September 2023.

Dalam pelaksanaannya, Pelatihan Program Deepening Desa BRILian 2023 dibagi menjadi 3 (tiga) level 1) Beginner, 2) Intermediate, dan 3) Advance dari masing-masing kurikulum yang ada. Peserta dapat memilih dan menentukan level pelatihan yang akan diikuti. BRI dan Bumdes.id mengharapkan peserta dapat mengikuti seluruh pelatihan yang ada karena kami telah mempersiapkan Narasumber terbaik pada bidangnya, baik dari Akademisi ataupun Praktisi yang telah disesuaikan dengan kurikulum yang telah kami rancang. Peserta atau alumni Program Desa BRILian 2020-2023 dapat melakukan pendaftaran Pelatihan Program Deepening Desa BRILian 2023 melalui portal www.learning.co.id.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami
http://38.47.180.77/ https://trakiahospital.com/ scatter hitam http://toyota-wiki.com/ http://zgarbi.com/ http://virgemmaria.com/ https://e-macherie.com/ https://h-4-d.com/ https://f1actual.com/ https://www.globalpopularity.com/ https://ribboncarousel.com/