bumdes
Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa
16 Nov 2024
/By: admin
LATAR BELAKANG
Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) memainkan peran kunci dalam memajukan ekonomi dan kesejahteraan di tingkat desa. Sebagai entitas ekonomi lokal, BUM Desa berpotensi menjadi tulang punggung pembangunan, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan masyarakat.
BUM Desa diharapkan dapat menjadi motor dalam kesejahteraan ekonomi dan sosial warga desa. Dengan adanya BUM Desa dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan juga berdampak kepada kesejahteraan baik secara ekonomi, sosial dan juga pembangunan desa. Hal ini menjadi pondasi utama untuk melakukan revitalisasi peran BUM Desa agar berjalan sesuai dengan yang dicita-citakan.
Penyesuaian BUM Desa dengan peraturan baru memerlukan pemahaman yang mendalam dari stakeholder desa terkait tata kelola kelembagaan. Mindset yang positif dan pemahaman filosofi pendirian serta pengelolaan BUM Desa secara tepat sangat diperlukan agar perubahan ini dapat berlangsung lancar dan memberikan dampak positif.
Meskipun peraturan terkait pengelolaan BUM Desa telah diterbitkan kenyataanya belum semua BUM Desa benar-benar memahami apa yang diamanatkan dalam peraturan tersebut. Kebanyakan BUM Desa yang berdiri masih belum mampu menjadi pionir dalam kegiatan ekonomi di desanya dan belum mampu berkontribusi banyak untuk desanya masing-masing. Minimnya pengetahuan tentang tata kelola bisnis dan kelembagaan BUM Desa diindikasikan menjadi penyebabnya.
Dalam upaya menjadikan Desa menjadi motor penggerak Ekosistem Ekonomi, maka memerlukan SDM pengelola yang berkualitas, kreatif dan visioner. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan meningkatkan kompetensi dan kapasitas SDM melalui pelatihan dan pendampingan kepada BUM Desa dan para stakeholder yang ada di desa.
- Memberikan/menambah wawasan tentang Tata Kelola Keuangan BUM Desa
- Memberikan/Menambah wawasan tentang Persamaan Dasar Akuntansi
- Memberikan/Menambah wawasan tentang Konsep Debit/Kredit dalam Akuntansi
- Memberikan/Menambah wawasan tentang Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa
- Memberikan/Menambah wawasan tentang Penggunaan Sistem Akuntansi dan Analisis Bisnis dalam Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa
BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan ini adalah penjelasan metode dan teknik Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa oleh pemateri kepada peserta selama 2 hari in class.
WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu : 09.00 - 16.00 WIB
Lokasi : Gedung Meravi.id, Jl. Ringroad Selatan no.6, Glugo, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55188
Hari Pertama :
- Materi Tata Kelola Keuangan BUM Desa sesuai PP 11 Tahun 2021 dan Kepmendesa No 136 Tahun 2022
- Materi Sistem Akuntansi dan Analisis Bisnis (SAAB) BUM Desa
- Praktek Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa menggunakan SAAB
PENDAFTARAN PELATIHAN HUBUNGI :
WhatsApp/Telepon :
087-805-900-800
085-772-900-800
E-mail :
sekretariat.meravi.id@gmail.com
sekretariat.bumdes.id.id@gmail.com
Categories
Recent Posts
Kunjungan Sekolah BUMDES
16 Nov 2024
/By: admin
Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa
16 Nov 2024
/By: admin
Pelatihan Peningkatan Kapasitas & Kompetensi SDM Pengurus BUM Desa
16 Nov 2024
/By: admin
Pelatihan Tata Kelola dan Manajemen BUM Desa
16 Nov 2024
/By: admin
Training Of Trainers ( TOT ) Pendamping BUMDES
16 Nov 2024
/By: admin
Tags
# Portofolio Pengembangan UMKM
# Portofolio Pengembangan BUM Desa
# meravi
# bumdes
ARTIKEL LAINNYA