Apa yang harus BUMDes lakukan untuk menghadapi Pandemi  Covid-19?

Meravi.id Saat ini kita bangsa Indonesia sedang bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19, pandemi yang telah menjadi perhatian bersama tidak hanya di Indonesia namun juga dunia. Kita sama-sama ingin segera selesai dalam perang melawan virus corona baru ini.

Dampak dari pada pandemi Covid-19 menjalar ke berbagai lini kehidupan, mengancam kesehatan, mengancam ekonomi. Dampak pada kesehatan tentu kita semua sudah paham, pun demikian dampak yang terjadi pada sektor ekonomi.

Akhir-akhir ini kita telah melihat berbagai upaya yang telah dilakukan oleh masyarakat dan juga pemerintah, dalam upaya gotong royong ‘perang’ melawan corona. Tidak hanya di kota besar saja, namun sampai di desa-desa yang ‘waspada’ melakukan antisipasi dini penyebaran virus corona.

Banyak desa yang kemudian melakukan karantina wilayah atau lockdown kampung, hal ini bukan serta merta karena adanya ketakutan, namun satu langkah antisipasi, mengingat warga desa saat ini beraktivitas atau bekerja di kota, atau bahkan merantau,  hal ini sebagai antisipasi agar dapat melakukan penanganan sedini mungkin jika ada warga yang ‘mengalami’ gejala Covid-19.

Saat ini banyak Desa dan BUMDes yang telah melakukan aksi  tanggap darurat Covid-19 dengan membentuk tim relawan Tanggap  Covid-19, melakukan perubahan pada alokasi APBDes, menyediakan posko informasi penanganan dan penyediaan bantuan dalam menghadapi Covid-19.

Desa bisa!  Keberadaan Desa menjadi nafas bagi perjuangan menghadapi Covid-19, Desa adalah lumbung pangan, yang mana saat ini seluruh masyarakat membutuhkan pangan dengan berhentinya berbagai sektor  produksi di pusat-pusat industri. Desa menjadi asa dalam pemenuhan kebutuhan, baik di skala lokal desa, daerah dan juga nasional.

Lantas, langkah-langkah apa yang sebaiknya dilakukan Desa dan BUMDes di dalam menghadapi Covid-19? Kontribusi apa, gerakan cepat apa, dan bagaimana strategi menuju setiap perencanaan dalam upaya menghadapi dan memenangkan perang melawan  COVID-19?

Mari temukan jawabannya di dalam program Sekolah BUMDes Online, yang diselenggarakan oleh Meravi.id dan Bumdes.id, program yang dikhususkan untuk membantu dan mendampingi Desa dan BUMDes di masa pandemi, masa yang mengharuskan  #dirumahaja namun harus tetap produktif untuk bersama-sama membangun desa.

Training BUMDes Online – Sekolah BUMDes Online

Tahukah Anda saat ini sudah ada lebih dari 46,000 Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang telah terbentuk di Indonesia. Sayangnya sebagian besar masih dalam tahap Rintisan Usaha.

Riset dan Pengalaman kami di lapangan menunjukkan bahwa Bumdes-Bumdes yang sukses memiliki Pola yang berbeda dengan Bumdes-Bumdes yang gagal. Paling tidak ada 4 hal yang membedakan Pola  Bumdes Sukses (BS) dan Bumdes Gagal (BG). Kami akan bagi materi tersebut dalam 5 Sesi Berikut :

  1. Filosofi Bumdes
  2. Kunci Sukses Bumdes
  3. Pemetaan Bentang & Pemilihan Usaha
  4. Model Bisnis & Inovasi Bumdes
  5. Penguatan Kelembagaan Bumdes

Training BUMDes Online adalah inisiatif yang dijalankan oleh Bumdes.id dan Meravi.id untuk membantu desa-desa dan pendamping untuk membentuk, menguatkan dan mengembangkan Bumdes.

Kami telah memulai Sekolah Bumdes sejak tahun 2016 dengan kegiatan-kegiatan antara lain Sosialisasi, Pelatihan, Pendampingan, Training of Trainers dan riset serta konsultasi. TOT Pendampingan Bumdes telah kami selenggarakan sebanyak 23 Angkatan dengan lebih dari 600 Alumni yang tersebar di 33 Provinsi.

Training BUMdes Online – Sekolah Bumdes Online sendiri merupakan bentuk lain dari training dan pelatihan yang biasa kami lakukan untuk pengelola Bumdes, pendamping dan Dosen-dosen yang tertarik melakukan penelitian dan pengabdian untuk desa dan Bumdes. Sekolah Bumdes Online akan menjalankan pembelajaran gabungan (blended learning) berupa:

  1. Video Pembelajaran
  2. Kuliah dan Tutorial WhatsApp Group
  3. Materi & Bahan Bacaan
  4. Template
  5. Review Penugasan

Setelah menyelesaikan Training Online di Sekolah Bumdes Online Anda akan mendapatkan eCertificate dan terdaftar di Alumni Sekolah Bumdes.

Instructor Training Online Peta Jalan Bumdes

Rudy Suryanto sebelumnya adalah auditor di PricewaterhouseCooper dan Erns & Young. Saat ini adalah Dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Managing Partner Syncore Consulting. Setelah selesai S2 dari Melbourne University, Rudy Suryanto banyak membantu Usaha Kecil Menengah dalam mengembangkan usahanya. Selanjutnya Rudy Suryanto juga banyak membantu penguatan Tata Kelola dan Pelaporan Keuangan untuk Rumah Sakit, Puskesmas, khususnya yang dijalankan dengan pola BLU & BLUD. Selain menjadi dosen dan konsultan, Rudy Suryanto adalah pendiri Bumdes.id, sebuah inisiatif dan platform untuk menumbuhkan, menguatkan dan mengembangkan Bumdes di seluruh Indonesia.

Investasi; Rp 250.000

Silakan Daftar Training Online BUMDes Peta Jalan BUMDes (sebelum tanggal 13 April 2020), melalui kontak di bawah ini: Telp/SMS/WA : 085 772 900 800 (Bumdes.id) atau 0877 38 900 800 (Diana)

Atau Klik link berikut untuk Daftar : www.learning.co.id/daftar/petajalanbumdes

Tunggu apalagi, buruan daftar! Training BUMDes Online #TerusBergerak #SekolahBumdesOnline (Ari/Meravi.id)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami