Akademi Akuntansi Effendi Harahap Gandeng BUMDes Sebagai Sarana Pengabdian Masyarakat

Sebagai bagian dari perguruan tinggi akademi yang mengedepankan wawasan praktikal mahasiswa di dunia industri, Akademi Akuntansi Effendi Harahap sebagai salah satu kampus bereputasi di Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah, membidik sektor Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai wadah pembelajaran mahasiswa dan dosen untuk program pengabdian masyarakat dan integrasi kurikulum. Melalui kerjasama dengan Syncore Indonesia, Akademi Akuntansi Effendi Harahap akan menerjunkan para dosen dan mahasiswa untuk mendampingi, magang dan mengembangkan BUMDes-BUMDes di seluruh Indonesia, terutama dari sisi pengelolaan keuangan dan akuntansi.

Akademi Akuntansi Effendi Harahap akan menerjunkan mahasiswa untuk magang kerja, mendapat ilmu dari pengelolaan BUMdes, serta bisa mentransfer ilmu-ilmu keuangan akuntansi yang baik dari kampus kepada pegiat-pegiat desa dan BUMDes, sementara para dosen akan menjadi supervisor pendamping dalam program pengabdian masyarakat yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Tri Darma Peguruan Tinggi. Proses kerjasama ini melalui Syncore Indonesia yang memiiki Bumdes.id sebagai agregator pengembangan dan pendampingan ribuan BUMDes di seluruh Indonesia. Bumdes.id juga berpengalaman dalam membesarkan, memperbaiki bumdes serta bekerjasama dengan sektor-sektor industri maupun pendidikan untuk berkolaborasi mengembangkan Bumdes dengan segala skema.

Skema yang dibangun antara Akademi Akuntansi Effendi Harahap Semarang ini adalah skema pengabdian masyarakat, dimana Bumdes.id akan melakukan pelatihan dan pendampingan TOT kepada para dosen dan mahasiswa. Kemudian para dosen dan mahasiswa ini akan diterjunkan ke Bumdes-Bumdes yang menjadi binaan Bumdes.id di seluruh Indonesia. Nantinya harapan kedua belah pihak adalah Bumdes-Bumdes di Indonesia semakin maju dan berkembang. Akademi Akuntansi Effendi Harahap sebagai kampus akuntansi keuangan bisa mendampingi Bumdes-Bumdes agar memiliki tata kelola keuangan yang baik sehingga bisa menjadi akselerator ekonomi di desa, selain itu juga dapat memperkuat branding kampus sebagai lembaga pengabdian masyarakat yang ilmu-ilmunya dapat menjadi solusi secara praktis terhadap persoalan masyarakat di desa. Sementara Bumdes.id bisa melanjutkan proses pendampingan hingga Bumdes-Bumdes binaan ini bisa mandiri dan terus tumbuh berkembang.

Pada skema proses kemitraan lain, Bumdes.id juga menjadlin kemitraan dengan industri seperti Sarihusada Danone dengan membuat CSR desa seperti yang dilakukan di Desa Kemudo Klaten, kemudian kemitraan strategis dengan Bank BRI dengan melakukan Seleksi Kompetisi Desa BRILian tahun 2020 hingga 2021 yang membidik 10 desa-desa unggulan baru yang akan diorbitkan ke tingkat nasional. Jika Anda ingin menjadi bagian dari pihak-pihak yang ingin mengembangkan desa atau Bumdes dapat menghubungi Sekretaris Perusahaan Syncore/Bumdes.id melalui Risa Pulung di: 0858-7874-4275

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami