I. Tujuan Workshop
- Memberikan wawasan tentang tata kelola dan pola pengelolaan keuangan BUMDes.
- Memberikan wawasan tentang perencanaan dan penganggaran BUMDes
- Memberikan wawasan tentang penatalaksanaan dan pencatatan transaksi Bumdes
- Memberikan wawasan tentang pelaporan dan evaluasi kinerja Bumdes
- Memberikan wawasan tentang akuntansi Bumdes dengan melakukan praktik secara manual dan melalui Aplikasi SAAB
II. Materi Workshop
- Tata Kelola dan Pola Pengelolaan Keuangan Bumdes
- Perencanaan dan Penganggaran Bumdes
- Penatalaksanaan dan Pencatatan Transaksi Bumdes
- Pelaporan dan Evaluasi Kinerja Bumdes
- Praktik langsung Akuntansi BUMDes secara manual dan praktik Aplikasi SAAB
III. Agenda Workshop
SESI | WAKTU | MATERI |
Sesi 1 | 08.30- 10.00 | Cek Kesehatan Usaha dan Penentuan Tipologi Bumdes |
Sesi 2 | 10.00 – 11.00 | Perancangan Model Bisnis Bumdes |
Sesi 3 | 11.00 – 12.00 | Penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Bumdes |
Sesi 4 | 13.00 – 15.00 | Penyusunan SOP dan Pedoman Usaha Bumdes |
Sesi 5 | 15.00 – 16.30 | Praktik langsung Akuntansi BUMDes secara manual dan praktik Aplikasi SAAB |
IV. Lokasi Workshop
Workshop dilaksanakan selama 1 Hari di Sekolah BUMDES; MERAVI.id, Jl. Nogotirto No. 15 B Area Sawah, Banyuraden, Kec. Gamping, Sleman, DI Yogyakarta
V. Biaya Workshop
Biaya Workshop Pola Pengelolaan Keuangan BUMDes sebesar Rp1.250.000 (di luar biaya penginapan)
VI. Fasilitas Workshop
- Sertifikat
- Modul
- Coffee break dan makan siang selama pelatihan
- Buku Peta Jalan Bumdes Sukses
VII. Informasi & Pendaftaran
Untuk Konfirmasi dan Pendaftaran Peserta silahkan menghubungi :
Diana : 0877 38 900 800
Tim BUMDes : 085 772 900 800
Tim Meravi : 0878 05 900 800
Telp : 0274 – 5015306
Leave a Reply