23 January, 2021
Workshop Penyusunan Renstra Organisasi Berbasis Sosial Enterprise Yayasan Ciqal

Workshop Penyusunan Renstra Organisasi Berbasis Sosial Enterprise Yayasan Ciqal

Meravi.id bersama dengan Ciqal menyelenggarakan Workshop Penyusunan Renstra Organisasi Berbasis Sosial Enterprise. Workshop ini dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 Agustus 2020 berlokasi di Meravi.id Jalan Nogotirto No 15B, Banyuraden, Gamping Sleman Yogyakarta.

Acara Dimulai dari sambutan dari Ibu Arni, selaku Direktur Ciqal yang berharap setelah Workshop ini bisa menyusun Renstra Organisasi yang Berbasis Sosial Enterprise.

Di Hari pertama Workshop ini, materi diberikan oleh Bapak Rudy Suryanto, Pak Rudy merupakan Founder bumdes.id dan Managing Partner Syncore Indonesia. Dalam Materi yang diberikan ini Pak Rudy bercerita tentang perjalanan Syncore Indonesia selama sepuluh tahun terakhir ini dan bagaimana Memulai Bisnis yang baru berdasarkan Peluang dari adanya sebuah Kebijakan dari Pemerintah Pusat.

“Pertama kita syncore indonesia mengadakan Seminar Nasional dengan mengajak kerjasama Universitas Gadjah Mada dan mengundang Kementrian”. Ini adalah langkah awal yang bisa dilakukan untuk menjaring database klien kata Pak Rudy.

Dari orang yang mengikuti acara, kita membuat Community Base dan lahirnya komunitas melalui jejaring social Facebook yaitu bumdes.id dan website. Untuk itu kita harus memilih contoh yang terbaik di Indonesia dan pertama kita memilih Desa Panggungharjo untuk dijadikan Model.

Disaat ini yang kita jadikan sebagai model adalah BUMDES Guwosari Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Local champion itu dibuat dengan pendampingan dan bisa digunakan untuk percontohan.

Kemudian dari model yang sudah kita dampingi ini kita gunakan untuk dijadikan Modul dan selanjutnya kita jadikan Training Of Trainers (TOT). Artinya kalau kita memiliki sebuah Value kita bisa menjual Pak Rudy menambahkan.

Secara Umum materi yang diberikan dalam Workshop Penyusunan Renstra Organisasi Berbasis Sosial Enterprise Yayasan Ciqal adalah sebagai berikut ;

Hari Pertama ;

  1. Ketentuan Umum & Proses Penyusunan Renstra
  2. Sistematika Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja
  3. Gambaran umum Analisis Eksternal dan Internal
  4. Analisa Kinerja Tahun Berjalan

Hari Kedua;

  1. Pemetaan Potensi
  2. Pengantar Business Model Canvas
  3. Praktik Penyusunan Business Model Canvas

Hari Kedua materi diberikan oleh Tim Konsultan Syncore Indonesia. Dalam hal ini adalah Ghaisani Sina Alhasfi yang memberikan materi tentang Pemetaan Potensi yang dimiliki Oleh Ciqal dan mengenal Lebih dekat apa saja yang sudah dilakukan Ciqal selama ini.

Tentu dengan mengetahui kelebihan yang dimiliki, akan lebih mudah lagi dalam memetakan potensi apa saja yang dimiliki. Dengan demikian maka diharapkan peserta dapat mencapai Goal dari pelatihan ini yaitu dengan mampu menyusun Renstra Organisasi Berbasis Sosial Enterprise.

Bagi bapak/ibu yang ingin menggunakan meravi.id sebagai tempat untuk menyelenggarakan Workshop dan Pelatihan bisa menghubungi kami lebih lanjut di no yang ada dibawah layar smartphone Bapak/Ibu. Atau jika masih kebingungan bisa langsung melalui halaman Hubungi Kami!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami