25 October, 2020
Workshop Memajukan Ekonomi Desa dan BUMDes di Masa Pandemi BUMDES Desa Kemudo Klaten

Workshop Memajukan Ekonomi Desa dan BUMDes di Masa Pandemi BUMDES Desa Kemudo Klaten

Workshop Memajukan Ekonomi Desa dan BUMDes di Masa Pandemi BUMDES Desa Kemudo Klaten, Kegiatan dengan Sari Harusada Masih berlanjut, Kali ini diselenggarakan pelatihan untuk Desa Kemudo Klaten Jawa Tengah. Diharapkan pelatihan yang diselenggarakan ini bisa Memajukan Ekonomi Desa dan BUMDES di Masa Pandemi ini.

Acara dimulai dari sambutan oleh Indah Kusuma Ayu (HR Social Relation PT. Sari Husada). Ibu Indah berpesan semoga dalam 2 hari ini Bapak Ibu sekalian bisa mendapatkan manfaatnya. Setelah training nanti akan ada pendampingan selama 8 Minggu atau 2 bulan. Semoga kedepannya ada penguatan dari sisi pemasaran di bumdes kemudo untuk meningkatkan kapasitas produksi yang ada di sana.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Sambutan dari Bapak Kepala Desa, Desa Kemudo Bapak Hermawan. Beliau berpesan supaya para peserta baik itu dari Bumdes Desa Kemudo dan BPD bisa aktif untuk berdiskusi dengan semua Narasumber, sehingga nantinya diharapkan bisa membawa Perubahan untuk bisa memajukan Ekonomi yang ada di Desa Kemudo.

Setelah sambutan dari perwakilan Sari Husada dan dari Kepala Desa Desa Kemudo, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Prof Gunawan Sumodingrat. Beliau menyampaikan materi tentang bagaimana merubah mindset kita sebagai pengeloa Badan Usaha Milik Desa untuk membangun Mindset Wirausaha.

Dalam materi yang disampaikan, Beliau selalu berpesan supaya bisa membuat bahagian diri kita dan bisa membuat orang lain bahagia dengan apa yang kita lakukan ini. Harapan untuk membangun mindset wirausaha ini bisa dimulai dari cara dengan mewujudkan Perubahan SIKAP, Perubahan Mindset. Sadar Hidup Benar. Bersama Kerja Untung Manabung.

New Normal: makan yang ditanam, tanam yang dimakan. Bela beli produk sendiri. Dimulai dari: Tarik napas, tahan napas, hembuskan napas, berulangulang, selama hayat dikandung badan. DIGITALISASI KEHIDUPAN.

Sesi kedua Materi diberikan oleh Bapak Rudy Suryanto, SE., M.Acc., AK., CA selaku Founder dari Bumdes.id. Di tengah pandemi COVID-19 ini, Ada sejumlah sektor usaha yang dapat menjadi peluang. Dengan begitu ini dapat menciptakan peluang usaha bagi kita sebgaian yang mungkin sedang dirumahkan dan atau alami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Dalam jangka pendek, sektor usaha itu antara lain indusri makanan beku. Ini karena jaga jarak fisik atau physical distancing memunculkan kebutuhan akan produk makanan tahan lama sebagai persediaan makanan untuk kurangi frekuensi belanja.Kemudian industri alat kesehatan.

Kebutuhan masyarakat dan tenaga medis akan alat pelindung diri (APD) seperti masker dan hand sanitizer akan meningkat. Sedangkan dalam jangka panjang, sektor usaha yang berpeluang antara lain industri berbasis online. Wisnu menuturkan, beberapa produk yang memiliki prospek pasar adalah game, software pendidikan, media pembelajaran dan hiburan digital, dan belanja online.

Selanjutnya jasa layanan antar barang dan makanan. Wisnu mengatakan, ada peningkatan permintaan untuk memenuhi kebutuhan individu akan makanan dan barang konsumsi harian tanpa harus meninggalkan rumah.Saya juga melihat peluang usaha di industri farmasi, herbal dan makanan kesehatan.

Ia menuturkan, ancaman pandemi COVID-19 akan meningkatkan permintaan produk-produk yang dapat memperkuat imunitas sehingga akan meningkatkan omzet industri ini.

Acara hari kedua dimulai dengan Pemaparan Materi dari Ghaisani Sina Alhashfi, SE. Disini lebih ke bagaimana kita selaku pengelola Badan Usaha Milik Desa bisa mengenali setiap potensi yang ada di Desa kita. Kemudian diharapkan dari mengetahui Potensi yang ada di Desa kita ini diharapkan kita bisa mempercepat pemulihan Ekonomi Indonesia dari Desa dengan memperkuat perekonomian yang ada di Desa ini.

Ada praktik langsung untuk mengetahui potensi apa yang ada di Desa Kemudo ini dan simulasi perhitungan keuntungan yang bisa didapatkan dari proses bisnis yang akan dijalani.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hubungi Kami