Workshop Basic Finance & Accounting For Non Finance ( Kode: M.4 – 04)

I. Tujuan Workshop

Kemampuan dalam hal pengelolaan keuangan merupakan hal mendasar dari seorang manajer. Bagi pihak-pihak yang bukan berasal dari latar belakang pendidikan manajemen atau akuntansi, maka perlu mendapatkan dasar-dasar keuangan dan akuntansi. Setelah mengikuti pelatihan kami diharapkan peserta mampu:

  1. Memahami pola pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan sampai pengawasan
  2. Memahami komponen laporan keuangan dan alur penyusunan laporan keuangan
  3. Memahami komponen neraca dan bagaimana membaca rasio likuiditas
  4. Memahami komponen laba rugi dan bagaimana membaca rasio profitabilitas
  5. Memahami laporan arus kas
  6. Memahami laporan manajemen dan menggunakan akuntansi untuk pengambilan keputusan
  7. Memahami metode penyusunan anggaran berbasis kinerja
  8. Memahami sistem pengendalian internal dalam pengelolaan keuangan

II. Sasaran

 Pelatihan ini wajib diikuti oleh orang-orang dari latar belakang teknis yang dipromosikan menjadi manajer.

III. Materi Workshop

Materi untuk Workshop Basic Finance & Accounting For Non Finance meliputi:

1. Pola Pengelolaan Keuangan

  1. Sistem Pengendalian Manajemen
  2. Pola Pengelolaan Keuangan

2. Komponen Laporan Keuangan

  1. Komponen laporan keuangan
  2. Alur Pencatatan Transaksi dan Penyusunan Laporan Keuangan

3. Neraca & Rasio Likuiditas

  1. Fungsi Neraca
  2. Komponen Neraca
  3. Rasio Likuiditas

4. Laba Rugi & Rasio Profitabilitas

  1. Fungsi Laba Rugi
  2. Komponen Laba Rugi
  3. Rasio Likuiditas

5. Laporan Arus Kas

  1. Fungsi Laporan Arus Kas
  2. Komponen laporan arus kas
  3. Kriteria arus kas yang baik

 6. Akuntansi Pengambilan Keputusan

  1. Indikator-indikator Bisnis
  2. Analisa cost & benefit
  3. Analisa BEP
  4. Analisa Net Present Value

7. Anggaran berbasis kinerja

  1. Penentuan indikator, target dan sasaran dari sasaran strategis perusahaan
  2. Penentuan komponen-komponen biaya
  3. Penentuan tarif
  4. Penerapan anggaran berbasis kinerja

8. SistemPengendalian Internal untuk pengelolaan keuangan

  1. Konsep SPI sesuai COSO Framework
  2. Bentuk-bentuk Aktivitas Pengendalian

IV. Agenda Workshop

Susunan Acara adalah sebagai berikut :

HARI WAKTU MATERI
Hari Pertama 08:00- 10.00 Pola Pengelolaan Keuangan
10.00 – 12.00 Komponen dan Proses penyusunan laporan keuangan
13.00 – 14.30 Komponen Neraca dan Rasio Likuiditas
14:30 – 16.00 Komponen Laba Rugi dan Arus Kas dan Rasio Profitabilitas

 

Hari Kedua 08.00 – 10.00 Praktek Analisa Rasio Likuiditas dan Kasus
10.00 – 12.00 Akuntansi Untuk Pengambilan Keputusan
13:00 – 14.30 Praktek Pengambilan Keputusan Jangka Pendek dan Jangka Panjang
14.30 – 16.00 Diskusi

 

V. Biaya Workshop 

 Biaya Kontribusi : Rp. 6.000.000, – Per Peserta ( di luar penginapan )

Fasilitas :

  • 2x Coffee Break Lunch
  • Training Kit
  • Sertifikat
  • Modul

VI. Lokasi Workshop

Workshop dilaksanakan selama 2 hari di  Hotel Tara Yogyakarta/ Hotel Platinum Adisutjipto Yogyakarta (*Nama hotel konfirmasi )

VII. Informasi & Pendaftaran

Untuk Konfirmasi dan Pendaftaran Peserta silahkan menghubungi :

Diana   : 0877 38 900 800
Tim Meravi  : 0878 05 900 800
Telp      : 0274 – 5015306

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami