23 January, 2021

Webinar Desa Brilian 04; Pengelolaan Keuangan Desa dan Inovasi Desa di Masa Pandemi

Bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan untuk membuat sebuah Desa menjadi Desa yang Brilian serta Mandiri bisa menghasilkan keuntungan sendiri. Butuh perjuangan antar berbagai lini untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Hal utama yang bisa membuat hal tersebut terwujud adalah dengan sinerginya antara Pemerintah Desa dan Badan Usaha Milik Desa.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan juga adalah tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Karena sejatinya Dana Desa ini ada yang bersumber dari APBN lewat alokasi Dana Desa. Tentu untuk masalah keuangan yang bersumber dari dana APBN perlu dilakukan adanya Pelaporan Keuangan yang sesuai dengan aturan Pemerintah.

Oleh sebab itu meravi.id bersama bumdes.id bekerjasama dengan BRI mengambil tema tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan Inovasi Desa di Masa Pandemi di acara Webinar Desa Brilian 04 yang diselenggarakan pada tanggal 2 November 2020.

Diharapkan dengan dilaksanakannya Webinar Desa Brilian 04 peserta lebih mengetahui tentang pentingnya Pelaporan Keuangan Desa.

Dalam acara Webinar Desa Brilian ke 4 ini acara dibuka oleh Sambutan dari Pihak BRI yang diwakili oleh Arif Satya selaku Senior Manager Divisi Social Enterprenership and Inkubasi BRI. Dalam sambutannya ini Bapak Arif berpesan kalau desa harus bisa mengelola Keuangannya secara Mandiri dan agar selalu berusaha untuk tidak selalu mengandalkan Dana Desa.

Salah satu hal yang bisa dilakukan tentu adalah melakukan Inovasi lewat pengembangan Badan Usaha Milik Desa agar nantinya Desa bisa menjadi Mandiri dan Brilian. Sahut Bapak Arif Satya.

Selanjutnya acara Webinar Desa Brilian 04; Pengelolaan Keuangan Desa dan Inovasi Desa di Masa Pandemi ini dilanjutkan pemaparan materi dari Narasumber dibawah ini  ;

  1. Dadang Kurnia, Ak., MBA., CA, CGAP selaku Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP.
  2. Arifiin Nooz Azis selaku Kepala Desa Desa Sumberagung, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat
  3. Yudi Cahyudin selaku Kepala Desa Desa Cisayong, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat

Ada berbagai cerita menarik dan Inovasi yang diberikan oleh ketiga Narasumber, yang paling penting untuk dilakukan adalah Sebagai seorang Pemimpin di Daerah ( dalam hal ini Kepala Desa ) harus bisa mengambil momentum ini untuk bisa mengembangkan Desa agar bisa menjadi desa yang berdaya dan mandiri.

Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah terus melakukan Inovasi, meskipun apa yang kita lakukan mungkin di awal akan menuai banyak kritik dari Masyarakat, tapi meskipun demikian selama tujuan kita  mulia untuk mensejahterakan Masyarakat maka kita hanya terus Maju dan memberi Bukti nyata.

Kita balas kritik yang kita terima diawal ini dengan hasil, maka cepat atau lambat masyarakat akan mendukung kita. Jika sudah mendapatkan dukungan Penuh di Masyarakat ini, maka setiap apa yang kita lakukan pasti akan bisa memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah dengan meningkatnya pendapatan asli desa dan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap BUMDES.

Selalu beinovasi untuk membangun Indonesia dari Desa. Karena sejatinya tidak ada desa yang miskin yang ada hanyalah sebuah desa yang tidak mau berusaha dan berinovasi. Salam BUMDES Sukses, Desa Sejahtera, Indonesia Maju.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami