21 November, 2020

Webinar Desa Brilian 03; Sosiopreneur dan Digitalisasi Ekonomi Desa

Di Tengah Pandemi seperti sekarang ini kita dituntut untuk terus bergerak agar bisa mempercepat pemulihan Ekonomi Indonesia dari Desa tentunya. Desa terbukti ampuh untuk meningkatkan perekonomian serta sebagai tempat langkah pertama guna mencegah penyebaran Virus Corona Covid-19. Data menunjukkan Orang yang tinggal di Desa memiliki resiko penularan yang kecil jika dibandingkan dengan warga masyarakat yang ada di Kota.

Desa Harus bisa terus bergerak, salah satu hal yang bisa kami lakukan bersama dengan Bank BRI adalah mengadakan Webinar Desa Brilian 03 ini. Webinar ini mengambil tema Sosiopreneur dan Digitalisasi Ekonomi Desa.

Di 125 Desa yang terpilih ada banyak sekali desa yang menarik perhatian dengan meningkatnya kesejahteraan warganya. Berbagai macam Inovasi dilakukan dimasa pandemi ini untuk memajukan perekonomian Lokal. Ada beberapa tokoh lokal (Local Hero) yang bisa memberikan inspirasi terhadap Desa lain yang mengikuti Webinar ini.

Acara Webinar Desa Brilian 03; Sosiopreneur dan Digitalisasi Ekonomi Desa ini dilaksanakan pada hari Selasa 20 Oktober 2020. Peserta yang bergabung dengan Zoom Meeting ada 240 Peserta. Ada beberapa yang melakukan Nonton Bersama di acara webinar kali ini yang juga di fasilitasi oleh Bank BRI Cabang.

Dalam Webinar Desa Brilian 03; Sosiopreneur dan Digitalisasi Ekonomi Desa ini ada beberapa pembicara yang memberikan materi, baik itu dari Kementrian Desa serta dari Pemerintah Desa. Pembicara Webinar Desa Brilian 03; Sosiopreneur dan Digitalisasi Ekonomi Desa adalah sebagai berikut ;

  1. Samsul Widodo – Dirjend PDT Kemendes PDTT
  2. Djoko Purwanto – Executive Vice President BRI
  3. Ferdinandus Watu – Kepala Desa Detusoko Barat
  4. Abdul Halim – Kepala Desa Sekapuk

Yang menarik perhatian dari Webinar kali ini adalah Bagaimana membuat Desa bisa mengembangkan usaha dalam hal ini BUMDES yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan Masyarakat. Yang menjadi perhatian utama tentu adalah Bapak Abdul Halim selaku Kepala Desa, Desa Sekapuk, Gresik Jawa Timur yang terkenal di tahun 2020 ini dengan Desa Milyader.

Dari Webinar ini terjadi sesi tanya Jawab yang lebih banyak peserta bertanya kepada Bapak Abdul Halim, yang kebanyakan bertanya mengenai Kiat apa saja yang dilakukan untuk bisa menjadi Desa Milyader. Dari Desa yang mulanya kekeringan di Tahun 2017 ini, ditahun 2020 bisa menjadi Desa Milyader dan Desa yang Sejahtera.

Berbagai macam tahapannya diulas dalam Webinar Kali ini. Dan yang menjadi penekanannya tentu adalah Kepimimpinan dari Bapak Abdul Halim yang tegas dan merangkul seluruh elemen masyarakat agar mau bahu membahu gotong royong membangung Desa Sekapuk.

Yang tidak kalah menarik adalah dalam Pemaparan Materi dari Bapak Ferdinandus Watu, Kepala Desa Desa Detusoko Barat. Di tengah Pandemi ini membangun Inovasi Marketplace Online yang menjual berbagai macam Produk Pertanian asli Desa yang terkoneksi hingga 2 Kabupaten. Tentu ini menjadi hal yang menarik untuk diceritakan. Menghabiskan Study di luar Negeri, tidak membuat Bapak Nando (Panggilan Akrab Bapak Ferdinandus Watu) ini malu untuk kembali ke Desa. Justru ini menjadi Motivasi utamanya untuk kembali ke Desa.

Bagi sahabat yang ingin menyaksikan kembali Webinar Desa Brilian 03; Sosiopreneur dan Digitalisasi Ekonomi Desa ini sahabat bisa menyaksikan secara langsung di Kanal Youtube BUMDES TV atau klik link https://www.youtube.com/watch?v=IegLszT9yrs

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hubungi Kami