24 October, 2020
Strategi dan Kepemimpinan Desa Menyongsong SDGs Desa

Webinar Desa Brilian 02; Strategi dan Kepemimpinan Desa Menyongsong SDGs Desa

Webinar Desa Brilian sudah memasuki Seri kedua dari 5 Seri yang dijadwalkan sampai Bulan Nopember 2020 ini. Dalam Webinar yang kedua ini, Tema yang diambil adalah Strategi dan Kepemimpinan Desa Menyongsong SDGs Desa.

Sustainable Development Goals atau disingkat SDGs ini adalah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan capaian yang terukur yang sudah disusun. Agenda pembangunan berkelanjutan yang baru dibuat untuk menjawab tuntutan kepemimpinan dunia dalam mengatasi kemiskinan, kesenjangan, dan perubahan iklim dalam bentuk aksi nyata.

Acara Webinar Desa Brilian 02; Strategi dan Kepemimpinan Desa Menyongsong SDGs Desa ini dimulai pukul 13.30 WIB. Acara dimulai dari pembacaan susunan acara webinar kali ini dan Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian acara dilanjutkan oleh Host yang akan memandu/pemantik diskusi dalam serial Webinar Desa Brilian ini yaitu Bapak Rudy Suryanto selaku Founder dari Bumdes.id.

Sebelumnya kami mewakili dari 125 kepala desa, direktur bumdes di desa pilihan desa yang terpilih dari 575 desa yang diusulkan mengucapkan terima kasih atas dukungan BRI yang luar biasa sehingga acara ini bisa berlangsung dengan baik. Sahut Rudy Suryanto selaku Host Webinar.

Kemudian acara dilanjutkan dari ke empat Narasumber utama pada seri Webinar kali ini yaitu sebagai berikut ;

  1. Bapak Supari (Direktur Bisnis Mikro BRI)
  2. Bapak Budi Arie Setiadi (Wakil Mentri Desa)
  3. Bapak Wahyudi Anggoro Hadi (Kepala Desa Panggungharjo)
  4. Bapak Prof. Ahmad Erani Yustika (Guru Besar FEB Universitas Brawijaya)

Setelah pemaparan dilakukan oleh dua Narasumber diadakan sesi tanya jawab untuk menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan oleh peserta Webinar. Dalam kesempatan kali ini ada Dua pertanyaan yang bisa disampaikan oleh peserta.

Ada beberapa kata yang menjadi Closing statement dari Narasumber untuk meningkatkan motivasi kita sebagai pengelola Badan Usaha Milik Desa maupun Pemerintah Desa untuk bisa meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Desa dan Memajukan Ekonomi Indonesia dari Desa.

Pak Budi Arie Setiadi : “Desa harus menjadi cerita bagi masa depan Indonesia, kemajuan Indonesia ditentukan dari kemajuan desa-desanya”.

Karena itulah kita selalu menggunakan Desa maju, Indonesia maju. Desa yang maju akan membawa kemajuan bagi Indonesia, yang penting kita bekerja sama-sama membangun desa. Karena itu bermakna membangun masa depan Indonesia, optimis bahwa Indonesia sebagai sebuah bangsa masa depannya ada di desa. Jadi masa depan Indonesia ada di desa-desa di seluruh Indonesia.

Pak Prof Ahmad Erani : “Indonesia ini tidak banyak harapan yang bisa kita rawat dan kumpulkan, pada hari-hari ini ada banyak persoalan tapi setidaknya kita masih layak untuk merancang masa depan karena kita memiliki wilayah Desa.”

“Saya sungguh berharap agar kepala desa, perangkat desa, warga desa memahami bahwa keragaman sosial, budaya, kearifan termasuk di dalamnya itu ekonomi, merupakan tiang penyangga yang penting bagi Indonesia.”

Oleh karena itu, gunakan dengan pengetahuan dan tanggung jawab yang tinggi undang-undang Desa telah memberikan segala yang penting bagi desa untuk membuat pembangunan yang lebih berkualitas optimis dan insya Allah kita semua dengan niat yang luhur dengan komitmen yang mulia bisa menyangga masa depan Indonesia.”

Pak Wahyudi Anggoro Hadi : “Desa adalah masa depan dunia karena kita punya air yang bersih, udara yang sehat dan pangan yang sehat. 3 komoditas ini menjadi perebutan dunia. Namun ada yang lebih penting yaitu pranataware yaitu agama dan budaya.”

“Bagaimana hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam dan manusia dengan Tuhannya. dengan memanfaatkan tiga komoditas strategis itu dengan mendasarkan pada adat kebudayaan dan nilai-nilai tradisi yang ada kita coba kita kita dorong kemandirian Desa agar kemudian bisa menjadi tempat yang patut layak dan bermartabat bagi semua warga desa tanpa kecuali untuk bisa mengembangkan hidupnya secara bermartabat sendiri jangan tinggalkan Desa karena kita layak diperjuangkan.”

Moderator Pak Rudy Suryanto: Disore ini desa desa masih semangat, desa-desa itu terus bergerak dan desa menjadi contoh ya bagaimana kita bangkit di masa-masa yang sulit dengan mengandalkan upaya dari diri kita sendiri.

Saya Rudi Suryanto sebagai host hari ini founder bumdes.di dan bagian dari panitia penyelenggara inkubator goes to Desa Brilian kami ucapkan terima kasih tidak terhingga atas semua pembicara semua partisipan semua pihak yang mendukung acara ini dan kami mohon maaf jika ada banyak hal yang karena kekurangan kami yang tidak kami sengaja membuat Bapak Ibu tidak nyaman Terima kasih Sampai ketemu di kesempatan berikutnya.

Bagi sahabat yang terlewat mengenai Webinar Desa Brilian ini sahabat bisa menyaksikannya kembali di Channel Youtube Bumdes TV atau klik https://www.youtube.com/watch?v=_aQ_9mVxBVc

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hubungi Kami