25 October, 2020
Strategi Pemulihan Ekonomi Desa di Masa Krisis

Webinar Desa Brilian 01; Strategi Pemulihan Ekonomi Desa di Masa Krisis

Di tengah Pandemi ini, dari berbagai macam data yang disajikan oleh Media di Indonesia dan dari beberapa Survey yang dilukakan oleh beberapa lembaga keuangan. Desa lebih tahan dan tangguh dalam menghadapi Krisis yang diakibatkan oleh Pandemi Covid-19 ini.

Ada juga beberapa desa yang mampu dengan cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat dan kemudian mengarahkan sumberdaya yang dimilikinya untuk mendukung dan mempercepat pemulihan Ekonomi lewat berbagai macam strategi. Yaitu dengan menerapkan konsep ketahanan pangan dengan Makan apa yang kita tanam dan Tanam apa yang kita Makan.

Bahkan ada desa yang mampu berbagai macam kebutuhan pangan yang bisa diproduksi oleh desa ini yang bisa dijadikan contoh oleh desa lain untuk dilakukan. Baik kisah Sukses dan tokoh penggerak Desa ini perlu diangkat dan diberikan apresiasi yang besar. Oleh sebab itu kami mengejak mereka untuk menjadi Narasumber Webinar Desa Brilian 01 ini.

Tujuannya jelas yaitu untuk mengangkat kisah-kisah baik dan sukses dari tokoh-tokoh penggerak untuk dijadikan sumber inspirasi bagi desa-desa lain dalam tanggah Pandemi Covid-19 ini. Sehingga Desa bisa menjadi Desa yang Tangguh, Desa yang bisa Mandiri di tengah Pandemi ini.

Webinar Desa Brilian 01 ini dilaksanakan pada tanggal 22 September 2020 dimulai dari Pukul 13.30 – 16.00 WIB dengan menggunakan Media Zoom dan Live Streaming Youtube Bumdes TV.

Pemateri Webinar Desa Brilian Strategi Pemulihan Ekonomi Desa di Masa Krisis
1. Harlina Sulistyorini ( Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kemendes PDTT )
2. Dewi Yanti Purba ( Kepala Desa Buluh Duri Sumatera Utara )
3. Profesor Gunawan Sumodiningrat ( Advisor Yayasan Wirausaha Sosial Indonesia )
4. Djoko Purwanto ( Executive Vice President BRI )

Jalannya Webinar dimulai dari MC yaitu Diana Arta memulainya dengan membacakan Susunan acara pada Webinar Desa Brilian 01 ini. Kemudian dilanjutkan ke Host Webinar yaitu Bapak Rudy Suryanto selaku Founder dari Bumdes.id.

Dalam pemaparannya ini Pak Rudy memberikan sambutan mengenai Webinar Desa Brilian ini. Webinar ini terlaksana berkat kerjasama dengan Bank BRI yang merayakan agenda Ulang Tahun yang ke 125. Ada lebih dari 600 Desa yang mendaftar dan dalam Webinar ini. Namun kami dan BRI hanya memilih 125 lewat seleksi yang cukup ketat.

125 Desa ini adalah Desa yang benar-benar Tangguh dalam menghadapi Pandemi Virus Corona Covid-19 ini dan terus berkarya membangun Indonesia dari Desa di Masa Pandemi ini.

Bagi sahabat yang terlewat untuk menyaksikan Webinar Desa Brilian 01 ini sahabat bisa menyaksikannya kembali di Youtube Bumdes TV. Atau bisa klik link https://www.youtube.com/watch?v=yRIb-NzPwSQ

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hubungi Kami