Training Online Pembentukan dan Penguatan SPI 4

Training Online Pembentukan dan Penguatan SPI 4

Dalam sebuah organisasi tentu diperlukan adanya pengawas yang mengawasi jalannya sebuah organisasi. Baik itu Organisasi Rumah Sakit maupun Perguruan Tinggi.

Satuan Pengawasan Internal (SPI) ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan, mengembangkan manajemen agar lebih efisien dan efektif.

Meravi.id bekerjasama dengan Syncore Indonesia dan Learning.co.id mengadakan Training Online Pembentukan dan Penguatan SPI 4 yang dilaksanakan pada tanggal 5-6 Agustus 2020. Peserta Training Online ini ada yang berasal dari Universitas / Perguruan Tinggi, Serta berasal dari Rumah Sakit.

Selama Dua Hari ini ada banyak sekali sharing Materi dari Narasumber yang sudah berpengalaman dengan SPI baik itu untuk SPI Rumah Sakit dan SPI untuk Perguruan Tinggi.

Sesi Pertama dari Training Online Pembentukan dan Penguatan SPI 4 ini disampaikan oleh bapak Rudy Kristianto, SE., M.Kes., QIA. Beliau adalah seorang Kabag. Akuntansi 2002 di RS Jtg Harkit, Ka SPI 2010 Rs Jtg Harkit, Dir.Keu. RS M Djamil Padang, 2017. Konsultan 2015 Ikkesindo. Pernah menjadi MK pada saat Pembangunan RS Jantung 1982 dan RS Kanker Dharmais 1993.

Materi yang disampaikan oleh Bapak Rudy Kristianto ini adalah tentang SPI untuk Organisasi Pemerintah dan Rumah Sakit. Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Pak Rudy ini, beliau menekankan bahwa menjadi seorang SPI ini harus bisa menjadi penemu pertama jika terjadi sebuah masalah dalam sebuah Organisasi.

Audit Internal ini berfungsi untuk ;

– Membantu Pimpinan dalam sebuah organisasi untuk melakukan perencanaan dan pelaksanaan audit serta mengevaluasi tindak lanjut hasil audit.
– Audit Internal ini dapat membantu manajemen dalam usaha untuk mencapai tujuan yang ditetapkan oleh organisasi dengan melakukan perbaikan proses, penguatan sistem pengendalian internal dan meningkatkan efektifitas manajemen resiko.

Dimana fungsi tersebut semuanya bertujuan untuk mendampatkan hasil yang bagus dalam 3 K yaitu dalam bidang Kepatuhan, Kinerja dan Keuangan. Ketiga hal tersebut adalah adalah 3 hal yang perlu kita atur untuk menentukan skala prioritas yang menjadi output dalam Audit Internal.

Di Sesi Kedua Pelatihan ini Materi diberikan oleh Bapak Rudy Suryanto, S.E, M.Acc, AK Ca. Beliau adalah Managing Partner Syncore Indonesia, Founder bumdes.id dan pernah sebagai Senior Auditor di Pricewater House Cooper & Ersist & Young.

Ada sebuah sesi yang cukup menarik, yaitu para peserta diberikan kesempatan untuk kendala SPI yang sedang dihadapi. Dengan kesempatan yang diberikan ini tentu akan memberikan manfaat kepada kepada Peserta untuk bisa lebih mengenal lebih dekat dengan SPI yang ada di Organisasi para peserta.

Berbagai macam kendala diberikan secara langsung oleh para peserta kepada Pak Rudy Suryanto, dengan adanya sesi ini tentu akan memudahkan Narasumber untuk memberikan materi yang disesuaikan dengan kendala yang dihadapi oleh para peserta pelatihan.

Selain itu juga Pak Rudy Suryanto juga memberikan tanggapan dan saran secara langsung. Dengan demikian maka peserta akan sangat terbantu dengan adanya model pembelajaran seperti ini.

Di Hari kedua Training Online Pembentukan dan Penguatan SPI 4 ini materi disampaikan oleh Bapak Andi Rakhman Yusuf, SE., M.Ec.Dev., Ak. Beliau adalah SPI dari Universitas Gajah Mada. Dalam materi yang disampaikan ini Bapak Andi Yusuf ini memberikan materi praktik mengenai SPI yang dijalankan di Universitas Gajah Mada dan sharing pengalaman Beliau selama Audit di Kampus UGM ini.

Dalam sesi ini juga terjadi diskusi yang menarik antara Bapak Andi Yusuf dengan para peserta. Dimulai dari perkenalan dari Peserta dan sejauh mana SPI yang sudah dijalankan di tempat peserta berada. Sehingga diawal sesi ini sudah terjadi tukar pengalaman yang tentu ini sangat membantu peserta pelatihan.

Di Akhir Sesi pelatihan ini, materi terakhir diberikan oleh Ghaisani Sina dari tim Syncore Indonesia. Dimana materi yang disampaikan lebih ke Kertas Kerja untuk Auditor SPI. Sehingga peserta bisa praktik langsung mengenai lembar kerja auditor untuk SPI.

Disetiap akhir sesi selalu dilakukan Foto bersama antara Narasumber dengan seluruh peserta pelatihan. Meskipun pelatihan ini dilakukan secara Online, namun kami mendapatkan feedback yang baik dari para peserta. Dimana berdasarkan survey yang kami berikan, Peserta memberikan bintang 4 dan 5 dari segi waktu, materi dan narasumber dalam pelatihan ini. Sampai jumpa di Pelatihan SPI selanjutnya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami