Training of Trainers Pendamping Bumdes Batch 30 Berlangsung Lancar, Banyak Materi Penting Disampaikan (Part I)

Proses pemberian materi Training of Trainers Pendamping Bumdes Batch 30

Meravi.id – Training of Trainers (TOT) batch 30 berhasil diselenggarakan oleh tim meravi.id selama 2 hari pada 27 sampai 28 Januari 2022. 

TOT batch 30 diadakan di dua tempat yang berbeda yakni Pendopo Meravi dan kunjungan langsung ke Desa Pandowoharjo. 

Total peserta yang mengikuti acara TOT batch 30 sebanyak 8 orang yang berangkat dari latar belakang yang berbeda-beda. 

Pada hari pertama acara TOT batch 30 dibagi menjadi dua sesi penjelasan yakni dari desa Panggungharjo dan dilanjutkan oleh tim Bumdes.id.

Baca Juga: Kolaborasi Hebat Meravi EO Bersama Shopee Untuk Optimalisasi Pemasaran Online Produk UKM Lokal!

Penjelasan materi pertama terkait dengan Desa Panggungharjo yang menjelaskan materi terkait bagaimana perjalanan awal desa ini bangkit hingga bisa sampai saat ini. 

Desa Panggungharjo merupakan tempat strategis ekonomi di wilayah Yogyakarta. Dikenal sebagai desa yang memiliki BUM Desa terbaik. Akan tetapi tidak memiliki pembentangan alam yang baik karena terletak di kota. 

Pada sesi satu ini terjadi diskusi yang menarik terkait dengan permasalahan desa yang dihadapi oleh peserta TOT batch 30. 

Perlu diingat bahwa keberhasilan BUM Desa bergantung pada dua faktor kunci keberhasilan berikut ini yakni 1. Kualitas musyawarah desa meliputi Desain Kelembagaan BUM Desa dan Desain Usaha BUM Desa.

Selain itu ditentukan pula oleh Kapasitas Direktur Bumdes yang berdasarkan Subyek hukum yang mewakili BUM Desa.

Bertindak untuk dan atas nama BUM Desa dan Masyarakat 5 kapasitas dasar kompetensi leadership entrepreneurship. 

Materi dilanjutkan dengan pemberian materi terkait dengan revitalisasi BUM Desa yang dibagi menjadi beberapa inti terutama setelah reposisi Bum Desa pasca PP 11 dan pandemi.

Selain itu juga materi ini terkait dengan Memahami  BUM Desa  sebagai organisasi hybrid. Memahami dinamika perubahan lingkungan global,nasional dan lokasi dan Memahami konteks kelembagaan  BUM Desa.

Tidak hanya itu saja diberikan juga penjelasan terkait dengan analisa yang dibutuhkan untuk melakukan revitalisasi BUM Desa.

Baca Juga: Perkuat Kerjasama! Meravi.id Bersama Pemerintahan Kecamatan Telen Selenggarakan Bimtek Tata Kelola BUM Desa

seperti salah satunya Analisa Pasar dalam Memprediksi Dampak. 

Begitulah acara TOT batch 30 pada hari pertama yang diisi dengan pemberian materi dari narasumber dan diskusi interaktif yang dilakukan oleh peserta dan narasumber secara langsung.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami