Belajar Langsung dari Desa Pandowoharjo

Training of Trainers Pendamping Bumdes Batch 30, Belajar Langsung dari Desa Pandowoharjo (Part III)

Belajar Langsung dari Desa Pandowoharjo

Peserta TOT Belajar Langsung dari Desa Pandowoharjo

Meravi.id – Training of Trainers pendamping Bumdes batch 30 hari terakhir melakukan kunjungan langsung ke Bumdes Amarta Pandowoharjo. 

Secara keseluruhan acara kunjungan berlangsung dengan lancar dan peserta terlihat antusias mengikuti setiap sesi kunjungan. 

Perlu diketahui bahwa Training of Trainers (TOT) batch 30 berlangsung selama selama 3 hari pada 27 sampai 29 Januari 2022. 

Tidak jauh berbeda dengan TOT sebelumnya TOT batch 30 diadakan di dua tempat yang berbeda yakni Pendopo Meravi dan kunjungan langsung ke Desa Pandowoharjo. 

Baca Juga: Kolaborasi Hebat Meravi EO Bersama Shopee Untuk Optimalisasi Pemasaran Online Produk UKM Lokal!

Total peserta yang mengikuti acara TOT batch 30 sebanyak 8 orang yang berangkat dari latar belakang yang berbeda-beda. 

Perjalanan TOT batch 30 pada hari terakhir diawali dari sekolah Bumdes menuju ke Bumdes Amarta yang ada di Pandowoharjo. 

Keberangkatan dimulai puku; 07.30 pagi dan sampai di lokasi sekitar pukul 08.30 pagi dan langsung mengikuti acara studi lapangan ke unit usaha yang ada di Pandowoharjo. 

Acara dilanjutkan dengan sharing bersama dengan bapak  Agus Setyanta yang merupakan Direktur Bumdes Amarta desa Pandowoharjo. 

Para peserta diajak berkeliling melihat berbagai unit usaha yang sudah berjalan di Desa Pandowoharjo seperti pengelolaan sampah. 

Luas wilayah sekitar 700 hektar, dengan jumlah warga sekitar 13.000 orang. Usaha yang digeluti oleh penduduk desa ini beragam mulai dari pertanian, peternakan, desa wisata, perikanan, dan UMKM.

Baca Juga: Perkuat Kerjasama! Meravi.id Bersama Pemerintahan Kecamatan Telen Selenggarakan Bimtek Tata Kelola BUM Desa

Perlu diketahui bahwa Bumdes ini juga akan bergerak sebagai broker atau distributor untuk potensi wisata desa dan UMKM yang ada di Desa Pandowoharjo yang memang sudah ada di Desa ini. 

Acara ditutup dengan foto bersama semua peserta dan pengurus Bumdes Pandowoharjo, baru setelah itu kembali lagi ke sekolah bumdes pada pukul 4 sore. 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami