Sah, LLDIKTI Wilayah 2 Bangun Kemitraan Strategis dengan Syncore Indonesia (Bumdes.id) Mengenai Pendampingan BUMDes

Sah, LLDIKTI Wilayah 2 Bangun Kemitraan Strategis dengan Syncore Indonesia (Bumdes.id) Mengenai Pendampingan BUMDes

Sah, per hari ini dua lembaga besar yaitu LLDIKTI Wilayah 2 resmi membangun kemitraan strategis dengan PT. Syncore Indonesia untuk bekerjasama dalam pendampingan dan pengembangan BUMDes di wilayah kerja LLDIKTI 2 yang meliputi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung. LLDIKTI sendiri merupakan lembaga pemerintah yang menjadi koordinator perguruan tinggi swasta (dahulu bernama Kopertis Wilayah) di beberapa wilayah yang terbagi atas beberapa provinsi. Sementara PT Syncore Indonesia yang merupakan entitas bisnis memiliki program pendampingan dan pengembangan BUMDes melalui Bumdes.id

Kerjasama ini memperluas kerjasama antara multipihak yang dahulunya pernah dilakukan Bumdes.id dengan beberapa perguruan tinggi swasta di wilayah Sumatera Selatan seperti Universitas Muhammadiyah Palembang dan pemerintah daerah serta BUMDes-BUMDes di tingkat kabupaten dan kota. Kerjasama strategis ini merupakan terobosan baru LLDIKTI Wilayah 2 dalam menerjemahkan arahan Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi, Nadiem Makarim mengenai Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Program unggulan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa di semua perguruan tinggi untuk magang di dunia kerja, memberikan impact dan pengaruh bagi dunia industri di tingkat kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Selain itu program kampus merdeka juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengambil kuliah di kampus lain yang relevan dengan kebutuhan perkuliahannya.

Nantinya kerjasama strategis LLDIKTI dengan Syncore Indonesia (Bumdes.id) ini akan berfokus pada pendampingan Bumdes-Bumdes di wilayah Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung yang akan melibatkan para mahasiswa dan dosen-dosen perguruan tinggi di wilayah kerja tersebut. Dosen-dosen akan menjadi mentor dan pendamping perkembangan BUMDes-BUMDes, sementara para mahasiswa akan menjadi pendamping dan fasilitator yang langsung terjun menangani masalah-masalah BUMDes dan melakukan upaya scale up.

Harapannya kerjasama strategis ini dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di masa pandemi, memperbaiki bumdes-bumdes yang saat ini masih banyak yang mangkrak, serta mampu menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di desa. Program ini juga sejalan dengan tujuan perguruan tinggi untuk melakukan tri darma perguruan tinggi di wilayah domisilinya.

Perwakilan Synccore Indonesia dengan LLDIKTI menandatangani kerjasama via daring
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami