22 January, 2021
Pentingnya Skill dalam Dunia Kerja

Pentingnya Skill dalam Dunia Kerja

Berbicara tentang kebutuhan tenaga kerja banyak hal yang harus kita ketahui sebelum memutuskan untuk bekerja. Ada beberapa hal yang harus kita miliki jika kita memutuskan untuk Bekerja. Sebagai contoh jika bekerja di kantor di bagian teknisi ya kita harus mempunyai keahlian teknisi, notaris ya harus faham soal hukum, dan lainnya. Setidaknya keahlian-keahlian dalam bekerja itu sudah disiapkan sebelum kita memasuki dunia kerja.

Skill sangat mempengaruhi pada jenis pekerjaan. Jadi saat kita memutuskan untuk bekerja, satu hal penting yang perlu kita miliki adalah hard skill. Hard skill ini bisa dan lebih mudah untuk dipelajari oleh siapapun. Selama kita menjalani dunia pendidikan, sebenarnya apa pendidikan kita, kita sudah diajarkan hard skill ini.

Di zaman yang sudah modern ini apalagi sudah banyak orang-orang pintar, lulusan-lulusan dari universitas terbaik, maka semakin ketat pula persaingan yang kita hadapi. Yang sudah terlihat jelas oleh mata begitu banyak pengangguran yang terjadi di negara kita sendiri, padahal begitu banyak lapangan kerja yang dibuka hanya saja skill yang kita miliki masih belum matang, kurang PD yang masih menjadi hantu dalam hidup kita.

Kebutuhan akan tenaga kerja yang profesional dan mempunyai skill yang kuat ini menjadi tuntukan utama dalam dalam bekerja. Terlebih di dunia kerja sekarang, banyak dipengaruhi oleh perubahan pasar, ekonomi dan teknologi. Tenaga kerja yang memiliki kecerdasan dan skill yang kuat sangat mendukung pemenuhan kebutuhan pada tenaga kerja.

Ketrampilan teknis disebut juga (hard skill) dan ketrampilan mengelola diri dan orang lain ini di sebut juga (soft skill) jika seseorang sudah menguasai keduanya maka orang tersebut akan lebih mudah menciptakan lapangan kerja baik untuk diri sendiri maupun di lingkungan sekitar.

Jika dilihat di era sekarang ini banyak perusahaan ataupun kerja lainnya yang mensyaratkan adanya kombinasi yang seimbang antara hard skill dan soft skill. Jika yang dilihat hanya salah satu dari kedua ketrampilan tersebut jadi percuma saja, semuanya berjalan tidak seimbang, karena kedua ketrampilan tersebut harus berjalan sejajar.

Untuk sahabat yang ingin meningkatkan Hard Skill dan Soft Skill ini ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikuti Pelatihan.

Meravi.id adalah salah satu lembaga yang membuka berbagai macam pelatihan untuk berbagai macam kebutuhan. Dimulai dari untuk sahabat yang ingin bekerja di Rumah Sakit sampai dengan yang ingin mengembangkan Desa lewat pengembangan Badan Usaha Milik Desa semuanya lengkap ada di Meravi.id

Yuk kembangkan dan tingkatkan skill kita bersama Meravi.id. Salam (Ahmad/Meravi.id)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami