Peluang Usaha Industri 4.0

Peluang Usaha Industri 4.0

Meravi.id. Revlousi industri 4.0 mengubah cara beraktivitas manusia dalam berwirausaha. Prinsip revolusi industri 4.0 yakni menggabungkan teknologi, alur kerja, dan sistem dengan menerapkan smart network di seluruh rantai dan proses produksi usaha.

Tujuannya adalah membuat rantai dan proses produksi secara otomatis sehingga perusahaan dapat lebih efektif dan efisien. Perkembangan teknlogi yang semua serba otomatis akan berdampak pada perilaku masyarakat yang berbeda dan peningkatan kebutuhan masyarakat yang berbeda pula, hal tersebut akan menciptakan peluang baru usaha. Berikut adalah beberapa peluang usaha di industri 4.0:

  1. On – Demand Services

On – demand services merupakan layanan jasa yang memanjakan masyarakat dalam mendapatkan apa yang diinginkannya. Bisnis ini bersifat fleksibel dan saat ini banyak sekali diminati oleh masyarakat. Sebut saja layanan transportasi online, cleaning service online, layanan delivery food hingga belanja kebutuhan sehari-hari secara online. On-demand services menjadi peluang usaha di era industri 4.0, tidak perlu membutuhkan teknologi yang canggih seperti Go-jek atau perusahaan sejenis lainnya masyarakat bisa menggunakan teknologi yang ada misalkan aplikasi chat dan media social untuk membuka usaha jasa sesuai kebutuhan konsumen.

  1. Bisnis Jual Beli Online (e-commerce)

Kemunculan e-commerce di Indonesia sangat membantu para pelaku bisnis seperti umkm dalam memasarkan produknya. Namun jika anda tidak memiliki produk untuk dijual atau bisa dikatakan bukan pelaku usaha, anda tetap bisa memanfaatkan e-commerce untuk membuka jasa layanan drop ship. Anda bisa menjadi drop shipper produk orang lain dan mendapatkan fee dari proses penjualan melalui drop shipper tersebut.

  1. Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan salah satu teknik penyimpanan data base yang ringan dan mudah diakses. Pada dasarnya baik individu maupun perusahaan banyak yang sudah menggunakan layanan ini sebut saja google drive dan Drop Box. Jasa layanan ini sangat erat kaitannya dengan industri dan proses bisnis sebuah perusahaan karena cloud hosting mempermudah perusahaan memonitor proses bisnisnya.

  1. Fintech

Fintech merupakan inovasi dalam bidang jasa keuangan dengan teknologi. Segmen usaha ini adalah dunia start up dimana fintech membantu untuk memaksimalkan penggunaaan teknologi untuk memertajam, mengubah dan mempercepat berbagai aspek pelayanan keuangan. Milenial merupakan salah satu target utama perusahaan fintech  karena memberikan banyak kemudahan bagi milenial yang tidak menyuaki hal-hal yang ribet atau membutuhkan proses panjang seperti dalam bertransaksi secara elektronik.

 

Selama perkembangan industri terus berkembang, kita harus bisa cepat beradaptasi dengan perkembangan tersebut agar dapat memanfaatkan semaksimal mungkin untuk tetap mendapatkan keuntungan dalam setiap perkembangan. Entah peluang usahaa tau peluang berkarir bisa kita dapatkan ketika kita aware dengan perkembangan industri.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami