Pelatihan Penyusunan Perencanaan: Peralihan Dari Non-BLUD Menjadi BLUD

Setiap perubahan harus didasari dengan tujuan. Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, pelatihan penyusunan perencanaan sangat dibutuhkan. Perencanaan dilaksanakan sebelum mengambil tindakan, karena perencanaan mendefinisikan tujuan organisasi itu sendiri, sehingga lebih memudahkan Anda secara langsung untuk mengetahui gambaran terkait tujuan perusahaan tersebut. Apakah akan menjadi lebih baik bagi perusaah atau justru sebaliknya. Perencanaan juga merupakan proses menyusun strategi untuk mencapai suatu tujuan. Perencanaan yang baik akan memberikan kemudahan dalam perubahan untuk mencapai tujuan.

Berbagai manfaat perencanaan bagi perusahaan yang akan Anda terima melalui pelatihan penyusunan perencanaan ini antara lain, sebagai standar dan pengawasan untuk membandingkan pelaksanaan atau aktualisasi dengan perencanaan, mengarahkan pada pencapaian tujuan, memberikan gambaran menyeluruh mengenai pelaksanaan kegiatan, dasar dalam penyusunan skala prioritas, alat komunikasi dan koordinasi, mengetahui waktu pelaksanaan dan siapa saja yang terlibat.

Berbicara tentang pelatihan penyusunan perencanaan, peralihan dari non-BLUD membutuhkan pelatihan ini. Peralihannya menjadi BLUD juga harus dengan tujuan yang jelas dan didukung dengan perencanaan yang baik. Ada tiga bentuk perencanaan yang harus dipersiapkan, yaitu jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek.

 

Perencanaan jangka panjang merumuskan visi dan misi untuk jangka waktu yang panjang. Visi yang baik menumbuhkan motivasi, memberikan arah, jelas dan mudah dimengerti, realistik dan dapat dicapai. Misi membantu untuk lebih memfokuskan usaha pencapaian tujuan, menetapkan kerangka tanggung jawab, sebagai dasar pengalokasian sumber daya, dan dasar bagi pengembangan tujuan untuk keberlangsungan jangka panjang organisasi

Perencanaan jangka menengah, merencanakan secara strategis untuk jangka waktu 5 tahun. Rencana Strategis (Renstra) disusun berdasarkan perencanaan jangka panjang, dan selanjutnya sebagai acuan dalam perumusan perencanaan jangka pendek. Renstra memuat tujuan, target dan sasaran yang jelas dan terperinci pada setiap aspek. Renstra memuat tujuan dan sasaran, strategi dan kebijakan, rencana program dan kegiatan, indikator kinerja, dan kerangka pendanaan dan regulasi.

Perencanaan jangka pendek, yaitu Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) untuk jangka waktu satu tahun. RBA adalah dokumen perencanaan bisnis dan penganggaran tahunan yang berisi program, kegiatan, standar pelayanan minimal, target kinerja dan anggaran BLUD. Setelah diterapkan PPK-BLUD, maka istilah RKA berubah menjadi RBA yang merupakan implementasi dari Renstra.

Lalu bagaimana tahapan dalam menyusun perencanaan yang baik? Dalam pelatihan penyusunan perencanaan ini, Anda yang menempatkan diri sebagai penggerak organisasi dituntun untuk terlebih dahulu melakukan identifikasi faktor internal dan faktor eksternal sebelum menyusun perencanaan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah melalui analisa SWOT yang diperkenalkan oleh Albert S. Humphrey (1960), yaitu memahami faktor internal (kelebihan dan kelemahan) untuk mengidentifikasi faktor eksternal (peluang dan ancaman). Faktor Internal yaitu kelebihan dalam kelemahan yang bersumber dari dalam organisasi. Beberapa hal yang termasuk faktor internal yaitu sumber daya manusia dan sumber daya fisik, manajemen, pendapatan dan pengelolaan keuangan, proses bisnis organisasi, pengalaman-pengalaman organisasi di masa lalu. Sementara itu, faktor eksternal merupakan peluang dan ancaman yang datang dari luar organisasi. Beberapa hal yang termasuk faktor eksternal yaitu kondisi geografis, demografi, pemerintah, hukum, kondisi perekonomian (nasional dan global), budaya, sosial, politik, tren, lingkungan, perkembangan tekonologi, sumber pendanaan, dan peristiwa-peristiwa yang terjadi.

Melalui pelatihan penyusunan perencanaan ini, Anda dapat meneraptkan analisis SWOT lebih dalam dalam penggunaannya dalam menyusun perencanaan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang organisasi. Dengan memahami kelebihan, kelemahan, peluang serta ancaman melalui pelatihan penyusunan perencanaan ini, organisasi dapat menentukan langkah yang paling efektif dalam pencapaian tujuan, menyelidiki masalah yang ditemui dan menemukan solusi, mengidentifikasi hambatan atau ancaman yang membatasi target dan sasaran, mengungkapkan berbagai kemungkinan dan keterbatasan untuk perubahan, serta digunakan untuk presentasi kepada pimpinan organisasi dan pihak-pihak yang berkepentingan. Bagaimana, Anda sudah siap mengikuti pelatihan penyusunan perencanaan ini? Segera daftarkan diri Anda, dan nikmati kesuksesan organisasi berstandar BLUD.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami