25 October, 2020
Pelatihan Penguatan Produk dan Digitalisasi Pemasaran RW 08 Muja Muju Kerjasama PT. Sari Husada

Pelatihan Penguatan Produk dan Digitalisasi Pemasaran RW 08 Muja Muju Kerjasama PT. Sari Husada

Di tengah Pandemi ini kita dituntut untuk terus bergerak agar bisa tetap bertahan. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan meningkatkan skill atau kapasitas diri agar kita tetap bisa bertahan. Ini juga yang coba dilakukan oleh PT Sari Husada yang memberikan bantuan ke Warga RW 08 Muja Muju.

RW 08 Muja Muju ini diberikan Pelatihan Penguatan Produk dan Digitalisasi Pemasaran oleh tim konsultan bumdes.id yang acaranya dilaksanakan pada tanggal 5-6 Oktober 2020 bertepat di Joglo Sekolah Bumdes meravi.id Jalan Nogotirto No 15B, Banyuraden, Gamping, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara dimulai dari sambutan dari Ibu Indah Kusuma Ayu (HR Social Relation PT. Sari Husada). Dalam sambutan yang diberikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di masa pandemi ini yaitu sebagai berikut ;

Dengan adanya pandemic ini makin menguatkan karena tidak hanya dampak kesehatan saja tetapi berdampak ke perekonomian tidak hanya di Indonesia tetapi berdampak juga ke perekonomian dunia. Ada 14 UMKM yang menjadi peserta pada kegiatan pagi hari ini.

Program pelatihan dan pendampingan untuk kelompok usaha warga muja muju ini untukmemberikan pemberdayaan ekonomi UMKM khususnya di RW 08 Muja Muju dan memberikan solusi meningkatkan penjualan karena masalah pandemic covid yang dihadapi, namun mengumpulkan kelompok usaha ini pengerak di masa yang sulit ini harapannya berbagi cerita semangat dan menginispirasi untuk umkm lain untuk bangkit di tengah pandemic ini.

Setelah sambutan yang diberikan ini acara dilanjutkan dengan Pemaparan materi dari Bapak Azfa Pabullo, SE., M.EK. Materi yang disampaikan ini tentang bagaimana UMKM bisa berkembang di tengah masa Pandemi ini. UMKM harus bisa melakukan Inovasi agar supaya produk yang dijual memiliki nilai tambah dan banyak dicari.

Kemudian materi kedua disampaikan oleh Bapak Rudy Suryanto, SE. M.Acc., AK., CA tentang bagaimana manajemen yang baik dilakukan oleh seorang pelaku UMKM.

Di dalam usaha kita diperlukan sebuah cara yang mencakup kurun waktu tertentu baik dalam hitungan bulan maupun hitungan tahun. Cara yang membedakan kita yang mendahului atau memimpin di pasar dibandingkan dengan kita yang menjadi pesaingnya.

Oleh karena itu, penting sekali menyusun cara dengan kemungkinan keberhasilan (success probability) paling besar dalam meningkatkan omzet penjualan. Berhasilnya sebuah bisnis dapat dilihat berdasarkan tingginya penjualan.

Dengan cara yang tepat kita akan memperoleh hasil yang maksimal atas investasi yang ditanam. Angka-angka penjualan adalah realitas bisnis yang mencerminkan ukuran besar tidaknya kita dan seberapa besar keuntungan yang terkandung di dalamnya.

Selanjutnya acara hari kedua materi diberikan oleh Tim Konsultan bumdes.id yaitu Ghaisani Sina Alhashfi, SE tentang Pemetaan Potensi dan Segmentasi Pasar dari Usaha yang dijalankan. Juga dilakukan perhitungan rencana keuangan dari pemetaan potensi yang bisa diraih dari pemetaan yang dilakukan. 

Acara hari kedua ditutup dengan pembicara dari Tim Media Syncore Indonesia yang memberikan materi mengenai bagaimana membuat Foto Produk yang baik, sehingga produk yang dibagikan dipasar nanti memiliki foto yang bagus sehingga lebih bisa menarik minat dari calon Pembeli.

Kegiatan ini sangat penting karena akan memberikan semangat dan motivasi para UMKM di RW 08 Muja Muju dapat tetap survive di masa krisis saat ini akibat wabah pandemic covid-19. Jadikan wabah pandemic ini sebagai peluang kita untuk membuka usaha yang baru karena pada dasarnya adanya pandemic ini bisa meningkatkan penjualan kita dan memberikan peluang kita, seperti di sektor makanan dan kesehatan.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hubungi Kami