Pelatihan Kewirausahaan Dan Peningkatan Kapasitas Kelompok Produktif Kecamatan Sapeken

Meravi.id – Kecamatan Sapeken, sebuah wilayah yang kaya akan potensi ekonomi, terutama dalam sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), menjadi fokus utama dalam peningkatan kapasitas dan kewirausahaan bagi pelaku usaha lokal. Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pelatihan kewirausahaan menjadi langkah kunci yang diambil untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pengusaha lokal.

UMKM di Kecamatan Sapeken memiliki potensi besar dalam bidang kerajinan, produksi lokal, dan industri kreatif lainnya. Namun, kendala dalam manajemen, pemasaran, akses terhadap teknologi, dan pemahaman akan pasar menjadi tantangan utama yang menghambat pertumbuhan yang lebih pesat. Oleh karena itu, pelatihan kewirausahaan menjadi solusi krusial untuk membantu mengatasi hambatan ini.

Program pelatihan ini diinisiasi sebagai respons terhadap kebutuhan mendesak akan peningkatan kemampuan dan pengetahuan yang mendalam dalam mengelola usaha bagi para pelaku UMKM. Dengan dukungan penuh dari Kangean Energy Indonesia (KEI) Ltd dan Meravi.id, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan dorongan bagi pertumbuhan UMKM di pulau tersebut.

Melalui serangkaian sesi pelatihan, para peserta diberikan pemahaman yang komprehensif tentang Mengingat perkembangan teknologi, UMKM didorong untuk memahami dan memanfaatkan pemasaran digital guna meningkatkan visibilitas produk mereka secara online.

Pelatihan ini juga diberikan pemahaman yang komprehensif tentang manajemen keuangan yang inklusif. Mereka diajarkan tentang cara mengelola keuangan bisnis mereka, mulai dari pencatatan transaksi harian hingga pemahaman mendalam tentang pentingnya perencanaan keuangan jangka panjang untuk pertumbuhan usaha. Pelatihan memperkenalkan Sistem Akuntansi dan Analisis Bisnis (SAAB). SAAB ini adalah aplikasi penyusunan laporan keuangan berbasis web yang membantu dalam pencatatan dan penyusunan laporan keuangan serta memahami laporan keuangan sebagai alat untuk mengambil keputusan yang tepat guna meningkatkan profitabilitas dan pertumbuhan usaha.

Pelatihan kewirausahaan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi UMKM di Kecamatan Sapeken. Dengan meningkatnya keterampilan dan pemahaman pasar, diharapkan UMKM dapat bersaing lebih baik, memperluas pasar, dan berkontribusi secara lebih besar terhadap perekonomian lokal. (Rizal)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami