Pelatihan IT Rumah Sakit

Pelatihan IT rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan medis, tidak bisa lepas dari ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan dalam hal penerapan sistem informasi kesehatan (simkes). Sistem ini digunakan untuk mempermudah dan mempercepat pengorganisasian, serta pelayanan yang didalamnya memuat berbagai jenis data klinis atau medis.

Sistem informasi kesehatan dalam penerapannya memiliki beberapa kelebihan. Hemat tempat merupakan salah satunya. Penggunaan sistem informasi kesehatan pada rumah sakit dapat menghemat tempat atau ruang lingkup kerja petugas medis.

Bila biasanya petugas memerlukan banyak tempat untuk menulis berbagai macam jenis dokumen, dengan menggunakan komputer, yang didalamnya sudah terdapat simkes, petugas bisa langsung melakukannya dalam ruang lingkup yang kecil atau terbatas sekalipun.

Hal tersebut dikarenakan sistem informasi kesehatan yang digunakan sudah mencantumkan berbagai jenis form dokumen yang diperlukan untuk diisi petugas medis.

Sistem informasi kesehatan yang ditunjang Teknologi Informasi ini juga mempercepat pelayanan kepada pasien. Sistem komputerisasi rumah sakit akan memepercepat dan memudahkan pelayanan kepada pasien. Petugas tidak perlu repot menulis identitas pasien, dan dapat langsung meng-input data yang diperlukan ke komputer.

Hal ini juga dapat memudahkan petugas untuk mengatur antrian pasien dengan menggunakan tiket dan sistem pemanggilan antrian secara elektronik.

Kemudahan pengaksesan data menjadi keunggulan lain dari sistem informasi kesehatan ini. Data yang tersimpan dalam sistem akan mudah diakses oleh para petugas medis di rumah sakit tersebut. Data yang diperlukan menjadi mudah untuk ditelusuri hanya dengan mengetikkan kata kunci yang diperlukan, pada kolom pencarian pada sistem informasi yang digunakan.

Hal tersebut sekaligus mempermudah saat pengecekan data. Pada umumnya, sistem informasi kesehatan yang digunakan akan mendeteksi, apabila ada kesalahan ataupun kekurangan dalam pengisian data yang di-input oleh petugas medis, sehingga hal ini akan meminimalisir kesalahan (human eror) yang dapat ditimbulkan.

Kelebihan lain dari sistem informasi akan mempermudah pengolahan data menjadi informasi. Penggunaan sistem informasi kesehatan akan mempermudah petugas medis dalam memproses dan mengolah data yang ada menjadi informasi atau laporan yang diperlukan.

Petugas lebih mudah mengakses data apa pun yang diperlukan, untuk membuat laporan dan tidak perlu repot-repot lagi mengaudit data satu persatu, serta mengurutkannya secara manual. Secara otomatis, hal tersebut dilakukan oleh sistem informasi kesehatan yang sudah ter-install. Petugas bisa langsung memproses dan menampilkan laporan yang diinginkan.

Semua kelebihan tersebut didapatkan melalui pelatihan IT rumah sakit. Mengapa dari pelatihan? Karena kita semua tahu bahwa tidak semua petugas medis di rumah sakit akrab dan familiar dengan sistem informasi kesehatan, atau bahkan dengan komputer.

Hal tersebut tentu saja akan membuat penerapan simkes di rumah sakit menjadi sia-sia atau malah bisa menjadi halangan karena akan menyulitkan para petugas medis yang masih belum siap dalam menerapkan simkes.

Pemberian pelatihan IT rumah sakit perlu dilakukan agar tiap petugas medis dapat menggunakan sistem informasi kesehatan yang ada secara efektif, efisien, dan maksimal. Petugas medis juga perlu diberi pelatihan mengenai cara penanganan dan antisipasi apabila sistem mengalami gangguan atau tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Selain itu petugas medis juga dapat didorong untuk selalu memberikan kritik dan saran terhadap sistem yang digunakan, agar sistem tersebut dapat semakin berkembang dan memiliki kinerja yang maksimal yang sesuai dengan kebutuhan rumah sakit.

Pelatihan IT rumah sakit memang diperlukan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, serta untuk terus mengikuti perkembangan jaman. Hal ini dikarenakan pada era modern seperti sekarang, kecepatan dan ketepatan menjadi hal yang utama, terutama dalam hal pelayanan kesehatan.

Sebelum menyelenggarakan pelatihan IT rumah sakit untuk menerapkan sistem informasi kesehatan, persiapan dan pengkajian yang matang juga perlu dilakukan. Dengan demikian, akan banyak dampak positif yang diperoleh, dan untuk meminimalisir kemungkinan memperoleh dampak negatif dari penerapan simkes.

Daftar Sekarang

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami