Pelatihan Advance Accounting For Decision Making

Meravi.ID ~ Untuk mengambil keputusan dalam manajemen perusahaan  (Advance Accounting For Decision Making) dibutuhkan perhitungan akuntansi yang tepat menggunakan sistem informasi akuntansi. Sistem ini merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh semua pihak, baik pihak internal, maupun pihak eksternal perusahaan.

Dari sistem informasi akuntansi inilah nantinya akan dijadikan salah satu dasar dalam pengambilan keputusan-keputusan manajerial. Pelatihan BUMN ini diharapkan akan membawa Anda pada keputusan-keputusan yang tepat dan penuh perhitungan. Sehingga meminimalisir kerugian-kerugian yang akan dihadapi perusahaan atas pertimbangan keputusan tersebut.

Kegiatan Akuntansi Manajemen dalam suatu perusahaan sangat memegang peranan penting, karena akuntansi manajemen dapat memenuhi permintaan khusus dari manajemen dan dapat melakukan studi rekayasa dalam membuat keputusan-keputusan taktis, misalkan dalam membuat laporan keuangan untuk sebuah segmen, atau laporan keuangan mingguan, bulanan dan sebagainya yang tidak dapat dilakukan pada Akuntansi Keuangan karena ditujukan kepada pihak eksternal dan harus mengikuti aturan-aturan sesuai SAK.

Hal ini menjadi poin penting dalam pelatihan BUMN ini Sebab pengambilan keputusan ini merupakan tindakan pemilihan alternatif yang berkaitan dengan fungsi manajemen. Meskipun keputusan taktis tampaknya ditujukan untuk kepentingan jangka pendek, namun harus diingat bahwa keputusan jangka pendek seringkali memiliki konsekuensi jangka panjang.

Keputusan taktis harus mendukung sasaran strategis perusahaan secara keseluruhan meskipun tujuan langsungnya berjangka pendek atau berskala kecil. Keputusan taktis yang tepat berarti bahwa keputusan yang dibuat mencapai tidak hanya tujuan terbatas, tetapi juga berguna untuk jangka panjang. Tidak ada keputusan taktis yang harus dibuat jika keputusan tersebut tidak mendukung sasaran strategis perusahaan secara keseluruhan.

Keputusan dengan sasaran jangka pendek adalah keputusan yang efeknya diharapkan muncul dalam jangka waktu setahun dari dibuatnya keputusan tersebut. Sedangkan keputusan dengan sasaran jangka panjang, diharapkan dapat memengaruhi biaya-biaya dan pendapatan untuk jangka waktu lebih lama dari satu tahun.

Kedua tipe keputusan itu harus bersandar pada strategi kemprehensif perusahaan, tetapi terkadang dikatakan bahwa seorang pembuat keputusan memiliki strategi jangka panjang, jika fokusnya mengutamakan sasaran jangka panjang dan dikatakan memiliki strategi jangka pendek jika fokusnya pada sasaran jangka pendek.

Ada banyak model bersifat deskriptif dari pelaku pengambil keputusan. Akibatnya hal ini menjadi model untuk banyak pengambil keputusan manajemen. Model berusaha mendeskripsikan secara teoritis dan relistis.

Model ini pula yang akan disajikan dalam pelatihan BUMN yang tidak boleh Anda lewatkan. Setiap pembuat keputasan hendaknya mempertimbangkan dengan baik efek dari setiap keputusan meskipun dalam membuat keputusan tersebut selalu melibatkan unsur kepemimpinan, visi, pelaksanaan dan karakteristik lainnya.

Manajemen biaya menyediakan dua bahan penting guna peningkatan kualitas keputusan, yakni analisis biaya relevan dan analisis strategi. Analisis biaya relevan sifatnya jangka pendek sedangkan analisis strategi sifanya jangka panjang dan keduanya digunakan utuk proses pengambilan keputusan oleh manajer.

Selain model pembuatan keputusan manajemen dan taktis, dalam pelatihan BUMN, Anda juga akan dibekali dengan langkah-langkah yang menjelaskan proses pengambilan keputusan untuk bisnis, pengambilan keputusan jangka pendek, pengambilan keputusan untuk penanaman modal, dan investasi. Maka, tunggu apalagi? Ikuti pelatihan BUMN ini dan kembangkan perusahaan Anda dengan strategi pengambilan keputusan yang tepat.

 

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami