Meravi.id Memberikan Pelatihan Peningkatan Kapasitas UMKM Sapeken

Meravi.id  – mendapat kepercayaan dari Kangean Energy Indonesia Ltd (KEI), sebuah perusahaan yang mengoperasikan tambang minyak dan gas di wilayah eksplorasi Kepulauan Kangean Madura, untuk memberikan pelatihani peningkatan kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kecamatan Sapeken.

Program pelatihan ini merupakan bagian dari Program Pengembangan Masyarakat (PPM) yang diluncurkan KEI bersama SKK Migas untuk memberdayakan masyarakat yang berada di wilayah penopang area eksplorasi minyak dan gas.  

Pelatihan peningkatan kapasitas UMKM di Kecamatan Sapeken dilakukan Meravi.id dalam 3 hari yaitu 2,3,4 Maret 2023 yang mengambil lokasi pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) BPJS Ketenagakerjaan dengan narasumber utama Kurniawan, S.E., M.Ak., CA.

Pada hari pertama, Kurniawan, S.E., M.Ak., CA. menyampaikan empat materi yang meliputi mindset seorang pengusaha UMKM, sharing praktik pengelolaan UMKM, manajemen usaha UMKM yang inovatif dan produktif, dan kelembagaan UMKM. 

Materi ini adalah materi dasar untuk menggali pola pikir pelaku usaha UMKM di Sapeken agar dapat terbuka cakrawala berpikirnya menjadi pengusaha besar, berpikir kreatif dan terinspirasi dari kisah sukses pengusaha UMKM lain yang serupa.

Sementara pada hari kedua, materi yang disampaikan adalah strategi pemasaran UMKM dan praktik penyusunan pengembangan usaha berbasis Business Model Canvas (BMC).

Materi ini merupakan bagian dari materi pengembangan bisnis dengan mendorong pelaku UMKM di Sapeken dapat menyusun rencana bisnis dengan model BMC, termasuk di dalamnya adalah strategi pemasaran ke luar, dengan harapn produk-produk UMKM Sapeken tidak hanya dinikmati di daerah saja, akan tetapi dapat dibeli oleh masyarakat dari luar daerah.

Pada hari ketiga, narasumber menyampaikan materi mengenai administrasi keuangan UMKM, monitoring dan evaluasi bisnis UMKM serta praktik langsung dengan kertas kerja tata cara mengisi buku monitoring dan evaluasi bisnis UMKM. 

Materi hari ketiga ini berfokus pada peningkatan kapasitas keuangan, unsur yang paling penting dari usaha UMKM agar dapat berkelanjutan. Dengan memberikan materi mengenai dasar-dasar administrasi keuangan, masalah sederhana UMKM yang seringkali tak melek keuangan dapat teratasi, terutama dalam memisahkan rekening pribadi dan usaha serta mengelola keuangan usaha.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami