Meravi.id Memberikan Pelatihan Peningkatan Kapasitas UMKM Kec. Raas

Meravi.id – mendapat kepercayaan dari Kangean Energy Indonesia Ltd (KEI), sebuah perusahaan yang mengoperasikan tambang minyak dan gas di wilayah eksplorasi Kepulauan Kangean Madura, Meravi.id memberikan pelatihan peningkatan kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kecamatan Raas.

Program pelatihan ini merupakan bagian dari Program Pengembangan Masyarakat (PPM) yang diluncurkan KEI bersama SKK Migas untuk memberdayakan masyarakat yang berada di wilayah penopang area eksplorasi minyak dan gas.  

Pelatihan peningkatan kapasitas UMKM di Kecamatan Raas dilakukan Meravi.id dalam 2 hari yaitu 18-19 Maret 2023 yang mengambil lokasi pelatihan di Gedung Serbaguna Desa Brakas Kecamatan Raas dengan narasumber utama Budiono, S.E., M.Ak., CA. dan juga Widodo Prasetyo, S.Ak. pada hari kedua.

Pada hari pertama Budiono, S.E., M.Ak., CA. memberikan materi mengenai pola pikir seorang wirausaha UMKM dalam menentukan target usaha, disusul materi manajemen usaha menjadi lebih produktif dan inovatif dan ditutup dengan materi penyusunan kelembagaan UMKM agar menjadi UMKM yang tangguh. 

Pada hari kedua, Budiono, S.E., M.Ak., CA. menyampaikan materi mengenai penyusunan administrasi keuangan serta prosedur dalam memantau dan evaluasi sebuah bisnis. Selanjutnya Widodo Prasetyo, S.Ak. memberikan materi mengenai praktik penyusunan rencana usaha dengan model Business Model Canvas (BMC). 

Salah satu peserta pelatihan mengajukan pertanyaan mengenai cara meningkatkan kualitas dari produk UMKM seperti produk jagung yang disajikan dengan sederhana. 

Menurut Budiono, S.E., M.Ak., CA., pada awalnya produk jagung yang disajikan sebagai snack akan terlihat dipandang miring karena menjadi jajanan tradisional. Namun, produk unggulan ini dapat ditingkatkan kualitasnya dengan membuatnya dalam kemasan (packaging) yang bagus, pengolahan yang sesuai standar dan dibuat dengan desain yang menarik.

Budiono menambahkan bahwa KEI bersiap mendorong dan membantu promosi digital marketing produk-produk olahan UMKM Kecamatan Raas melalui sosial media seperti facebook dan instagram.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami