Meravi EO Selenggarakan Bimbingan Teknis peran aparatur Desa, BPD dan Pengurus BUM Desa Se-Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur

Meravi.id – Pada tanggal 10-12 Desember 2021 di Hotel MaxOne Makassar Tim Bumdes.id melalui meravi EO berkolaborasi dengan Smart Academy dalam pendampingan BUM Desa se Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur. 

Acara mengambil tema “Bimbingan Teknis peran aparatur Desa, BPD dan pengurus BUM Desa dalam meningkatkan ekonomi Desa melalui BUM Desa Se-Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur.

Total 45 peserta yang mengikuti acara ini dan terbagi menjadi 10 BUM Desa yakni Desa, Nehas Liah Bing, Desa Muara Wahau, Desa Diaq Lay, Desa Jak Luay.

Hari pertama acara dibuka oleh Bapak Camat Muara Wahau yaitu Bapak Azhari dan Direktur Smart Academy Bapak Edy. 

Sambutan dilanjutkan dari Bapak Azhari selaku camat Muara Wahau harapannya bimbingan teknis selama di makassar dapat menjadi pelajaran yang akan diterapkan di masing-masing BUM Desa di Muara Wahau.

Selain itu juga mengharapkan agar informasi yang diterima terutama dalam pengelolaan keuangan BUM Desa yang nantinya akan di bantu dan bekerjasama dengan PT. Syncore Indonesia melalui Meravi EO. 

PT Syncore Indonesia sendiri menyediakan pendampingan Tata kelola BUM Desa dan juga Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes (SAAB) dimana sistem SAAB ini sendiri nantinya akan membantu dan memudahkan BUM Desa dalam penyusunan laporan keuangan dan Rencana Program Kerja BUM Desa. 

Kemudian acara selanjutnya dibuka oleh Bapak Edy selaku Direktur Smart Academy dalam penyampaian beliau harapanya Smart Academy dapat menjembatani Bapak/Ibu sekalian dalam proses peningkatan kinerja BUM Desa Se-Kecamatan Muara Wahau. 

Kegiatan acara dimulai dengan Ibu Dwi selaku pembicara dari kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan Tema penguatan dan tugas Pokok dan Fungsi dari Badan Pengawasan Desa (BPD). 

Acara selanjutnya setelah istirahat dilanjutkan oleh Bapak Agus Edy Winarno selaku Praktisi BUM Desa langsung dan Ex Direktur Bumdes Bamaju Bamara dengan Tema Pemetaan Bentang dan inovasi desa. 

Materi dilanjutkan oleh pembicara dari PT. Syncore Indonesia yaitu Bapak Aditya Candra, S.E. tentang tata kelola keuangan Bumdes dan merupakan akuntan yang telah menaungi BUM Desa salah satunya adalah Penganugerahan Desa Brilian 2021 di Jakarta 15 Desember 2021.

Hari kedua dilanjutkan oleh PT. Syncore Indonesia tentang pola pengelolaan keuangan BUM Desa dibantu dengan Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes (SAAB).

Pada hari ini kedua Bapak Aditya Candra, S.E. menjelaskan bagaimana proses penginputan mulai dari Anggaran, Penerimaan, Pengeluaran dan Akuntansi. 

Dari Desa Yang Bekerjasama dengan PT. syncore indonesia menyampaikan bahwasannya aplikasi SAAB ini sangat mudah dipahami dan digunakan dengan ukuran taraf Desa karena memang selama ini banyak di desa kesulitan dalam penyusunan laporan keuangan BUM Desa atau BUMDESMA. 

Laporan yang akan dihasilkan oleh aplikasi SAAB ini adalah Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Laba/Rugi, Laporan Neraca, Laporan Arus Kas dan Catatan Atas Laporan Keuangan yang semua laporan di atas merupakan laporan yang sudah di tuangkan dalam PP 11 Tahun 2021. 

Akhirnya pelatihan di tutup dengan sesi foto bersama seluruh BUM Desa Se-Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami