Memulai Usaha dengan Business Model Canvas (BMC) Dalam Merancang Bisnis Usaha

Meravi.id – Dalam era yang terus berkembang, Bisnis diharapkan dapat terus memberikan sebuah inovasi serta dapat beradaptasi dengan cepat.. dalam mengembangkan suatu bisnis kita dituntut untuk memiliki sebuah ide, ide tersebut dapat diimplementasikan atau digambarkan dalam suatu alat manajemen yaitu Business Model Canvas (BMC). BMC merupakan suatu alat manajemen strategis untuk mendefinisikan serta mengkomunikasikan ide atau konsep suatu bisnis dengan tepat dan mudah. BMC memiliki tujuan untuk menggambarkan dengan cepat tentang apa yang dibutuhkan oleh suatu ide, memetakan bisnis dari perencanaan bisnis hingga sampai ke pengguna serta dapat merubah strategi bisnis atau mengembangkan suatu bisnis. 

Bisnis Model Canvas dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Dengan melihat gambaran keseluruhan dari model bisnis, pemimpin bisnis dapat mengevaluasi dampak keputusan terhadap setiap elemen dan bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi keseluruhan bisnis.Di Dalam BMC terdapat 9 elemen utama yang menjelaskan semua elemen dalam suatu bisnis atau ide bisnis. 

9 elemen tersebut terdiri dari Elemen Proporsi Nilai (Value Propositions) merupakan sebuah nilai lebih dari suatu bisnis atau produk yang akan menjadi nilai tukar dalam memecahkan permasalahan customer. Elemen Mitra Utama (Key Partners) merupakan pihak eksternal yang diperlukan dalam suatu ide bisnis atau produk untuk mencapai tujuan suatu bisnis dalam memberikan suatu value/pemecahan permasalahan pelanggan. Elemen Kegiatan Utama (Key Activities) merupakan kegiatan yang akan dilakukan melaksanakan ide bisnis dari merancang hingga mengembangakan suatu ide bisnis. Elemen Sumber Daya Utama (Key Resource) merupakan sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan dalam sebuah ide bisnis. Elemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationships) merupakan metode yang akan digunakan dalam menjalankan sebuah ide bisnis untuk mendapatkan loyalitas konsumen. Elemen Saluran Distribusi (Channels): Saluran Distribusi merupakan metode yang akan digunakan dalam ide bisnis/produk untuk menggapai pelanggan. Elemen Segmen Pelanggan (Customer Segments) merupakan penentuan target pengguna/pelanggan dari bisnis/produk ini dibuat. Elemen Struktur Biaya (Cost Structure) merupakan seluruh biaya yang akan dikeluarkan/digunakan dalam melaksanakan kegiatan usaha/produk tersebut. Elemen yang terakhir yaitu Arus Pendapatan (Revenue Streams) merupakan darimana seluruh pendapatan yang akan bisnis/produk ini dapatkan.

Pentingnya Bisnis Model Canvas dalam konteks bisnis modern tidak dapat diabaikan. Ini bukan hanya alat yang membantu merancang strategi bisnis, tetapi juga menjadi kunci untuk pemahaman yang mendalam, pengambilan keputusan yang efektif, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan bisnis. Pengusaha yang mampu mengintegrasikan Bisnis Model Canvas ke dalam perencanaan dan pengembangan strategi bisnis mereka akan memiliki keunggulan yang signifikan dalam menghadapi tantangan bisnis masa kini. (Annas)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami