Medco East Java Gandeng Meravi.id Berikan Pembekalan Bagi 24 Pelaku Usaha UMKM di Pulau Gili Genting Sumenep

Meravi.idMedco Energi East Java yang mengoperasikan produksi migas di kawasan Pulau Gili Genting Kabupaten Sumenep Madura pada tanggal 13, 14 dan 15 November 2023 bertempat di Surabaya melakukan program corporate social responsibility (CSR) dengan mengundang 24 pelaku usaha UMKM yang berada di daerah Pulau Gili Genting Sumenep. 

Ke-24 pelaku usaha UMKM ini mendapat pembekalan pengembangan kapasitas dari Meravi.id. Fasilitator  UMKM yang berpengalaman memberikan pelatihan, bimtek dan pendampingan terjadwal bagi UMKM.

Materi pendampingan pengembangan kapasitas dibagi ke dalam tiga hari. Dengan hari pertama menghadirkan Kurniawan, S.E., M.AK mengenai proses inovasi dan kreativitas UMKM. Sementara hari kedua, Konsultan Meravi.id, Adelia Sulistyani, S.Ak memberikan materi mengenai pengelolaan keuangan UMKM, disusul dengan hari ketiga terdapat materi dari pengusaha UMKM Dede Satoe. 

Pada hari pertama, Kurniawan memperkenalkan inovasi dan kreativitas agar pelaku usaha UMKM yang selama ini berkutat pada 

Pada hari kedua, Adelia Sulistyani, Konsultan Meravi.id yang berpengalaman dalam mendampingi umkm di desa-desa memberikan materi mengenai ide bisnis, terutama dalam menyusun proyeksi perencanaan bisnis yang dituangkan dalam Business Model Canvas (BMC). 

Menurut Adelia, BMC merupakan salah satu model yang baik bagi UMKM untuk menentukan target pasar agar dapat memiliki nilai jual yang berbeda dibandingkan kompetitor, karena kebiasaan UMKM hanya melakukan penjualan dengan meniru yang lainnya. BMC akan membantu UMKM dalam taraf rintisan dan berkembang untuk menentukan 9 determinan dalam mengembangkan bisnisnya ke depan, termasuk tahapan dan langkah dalam memperbesar usaha. 

Disusul pada hari yang sama Rizal Triananda memberikan pendampingan penyusunan pelaporan keuangan UMKM. Bagi Rizal Triananda, keuangan sendiri merupakan salah satu masalah mendasar bagi UMKM, karena uang pemilik masih sering tercampur dengan uang usaha. Ada yang mendapat penjualan hari ini untuk makan hari ini juga. Rizal memperkenalkan cara menyusun laporan keuangan sederhana agar UMKM di Sumenep dapat berkelanjutan dalam mengembangkan usaha. 

Pada kesempatan tersebut, Rizal memperkenalkan laporan keuangan model SAK EMKM dan SAAB dari Syncore Indonesia. SAK EMKM merupakan pola penyusunan keuangan yang ditetapkan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan telah diadopsi ke dalam Sistem Akuntansi dan Analisa Bisnis (SAAB) milik Syncore Indonesia dan dapat digunakan secara mudah bagi semua kalangan. SAAB sendiri dapat dioperasionalkan pelaku usaha UMKM Sumenep tanpa harus belajar akuntansi keuangan, cukup menyesuaikan dengan kegiatan usaha sehari-hari seperti nilai penjualan, nilai pembelian bahan baku hingga aset harta yang dimiliki.

Sementara pada hari ketiga, para peserta diajak melakukan kunjungan lapangan ke Rumah Produksi Dede Satoe. Kunjungan ini disambut langsung Direktur Dede Satoe dan membagikan pengalamannya dalam memulai bisnis dan mengembangkan bisnis.

Dede Satoe dimulai dari modal yang amat sangat kecil, hanya 50.000 rupiah dan kemudian mengalami kendala saat memasarkan produk umkm ke pasaran, yakni tidak memiliki izin edar. Pengurusan proses perbaikan ini memakan waktu yang tidak mudah hingga pada akhirnya menuai hasil di tahun 2016 produk UMKM Dede Satoe berhasil menembus pasar ekspor luar negeri.

Menurut Direktur Dede Satoe, untuk melangkah ke arah kesuksesan ekspor luar negeri. Produk UMKM mesti harus tahan banting dalam melewati dan mengurus segala perizinan, termasuk di dalamnya ijin ketat HACCP yakni sertifikat keamanan pangan internasional. Hal ini diharapkan dapat memotivasi pelaku usaha UMKM agar memiliki visi jauh kedepan dalam mengembangkan usaha ke tingkat internasional.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami
http://38.47.180.77/ https://trakiahospital.com/ scatter hitam http://toyota-wiki.com/ http://zgarbi.com/ http://virgemmaria.com/ https://e-macherie.com/ https://h-4-d.com/ https://f1actual.com/ https://www.globalpopularity.com/ https://ribboncarousel.com/