Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Palembang Siap Berkontribusi Majukan Bumdes

Pembekalan KKN Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang Tahun 2021 (sumber foto: Facebook FEB UM Palembang)

Pada pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang mengundang secara khusus Founder Bumdes.id, Rudy Suryanto, S.E., M.Acc., CFA untuk memberikan pembekalan materi mengenai seputar badan usaha milik desa (bumdes). Pada sambutan acara yang dilakukan secara virtual, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Palembang, Yudha Mahrom, S.E., M.Si menyampaikan bahwa pembekalan ini dilakukan guna memantapkan pemahaman mahasiswa mengenai materi bumdes. “Mahasiswa diharapkan melakukan observasi dan wawancara terkait potensi desa terkait, dan kemudian bisa memberikan inovasi bagi pengembangan bumdes di desa-desa seluruh Sumatera Selatan”, tambahnya.

Para mahasiswa KKN periode Juli hingga Agsustus 2021 ini akan diterjunkan di seluruh desa-desa di wilayah Provinsi Sumatera Selatan, sehingga harapannya mereka bisa memahami mengenai seluk beluk bumdes. Bumdes sendiri merupakan salah satu tulang punggung ekonomi desa yang jika dikelola dengan baik dapat menjadi pemantik kebangkitan ekonomi desa-desa yang sebelumnya tertinggal menjadi maju.

Founder Bumdes.Id, Rudy Suryanto, S.E., M.Acc., CFA dalam pembekalan menyampaikan materai mengenai filosofi pendirian Bumdes, mulai dari pembentukan payung hukum hingga filosofis sosiologis, tipe pemilihan jenis usaha bumdes, dokumen-dokumen perijinan yang diperlukan untuk mendirikan bumdes, tata kelola bumdes yang meliputi pengelolaan keuangan dan akuntansi bumdes. Acara ini juga dihadiri oleh 24 dosen tetap FEB UM Palembang yang memiliki sertifikat ToT Bumdes. Nantinya mahasiswa yang telah menyelesaikan KKN akan mendapat sertifikat yang dikeluarkan oleh FEB UM Palembang dan Bumdes.id Yogyakarta dan dapat digunakan sebagai pendamping Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)

Berita selengkapnya dapat dibaca di:

Mahasiswa KKN FEB Universitas Muhammadiyah Palembang Siap Bantu Majukan BUMDes – Universitas Muhammadiyah Palembang (um-palembang.ac.id)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami