Karakeristik Socio-Enterpreuner dan Tantangan yang Harus Dihadapi

Karakeristik Socio-Enterpreuner dan Tantangan yang Harus Dihadapi

Wirausaha Social: Bisnis atau wirausaha yang bertujuan  Menjawab persoalan sosial dan lingkungan, yang berkerja dengan masyarakat untuk memperbaki kehidupan orang orang disekitarnya. Wirausaha sosial bisa berupa organisasi atau gerakan non-profit/karitatif atau sebauah wirausaha yang menghasilkan untung/profit. Wirausaha sosial menginvestasikan MAYORITAS  profit/keuntugan mereka pada komunitas di mana mereka bekerja.

Karakeristik Socio-Enterpreuner

  • Memiliki Misi Sosial dan Lingkungan yang jelas dalam dokument /Panduan Resmi organisasi/bisnis
  • Menghasiljan mayoritas Pendapatan dari hasil jual beli trading degan revenue  mayortias dari jual beli  barag dan jusa bukan dari hibah/rant
  • Menginvestasikan kembali Mayoritas Profit pada aktivitas sosial/ Komunitas
  • Dihasilakn atau didorong oleh misi sosial
  • Akuntable dan Trasparan

Masalah Yang sering dihadapi di Socio-Enterpreuner ; 

  • Mindset
  • Minim kemitraan
  • Susah akses modal
  • Lulusan sarjana lebih tertarik kerja dikantoran
  • Kehilangan keanekaragaman pangan
  • 90% usulan program masih berupa fisik
  • Regulasi yang belum sinkron dari pusat-desa
  • Budaya local kian punah
  • Multi organisasi di level desa
  • Hilangnya varietas benih local

Tantangan yang harus bisa diatasi untuk Socio-Enterpreuner ; 

  • Komitmen/ motivasi
  • Sumberdaya manusia
  • Management tatakelola
  • Minim kreativitas dan inovasi
  • Infarstruktur

Tentu untuk melakukan Socio-Enterpreuner ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan adanya perjuangan yang lebih jika dibandingkan dengan melakukan bisnis yang seperti biasanya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami