Wirausaha Social: Bisnis atau wirausaha yang bertujuan Menjawab persoalan sosial dan lingkungan, yang berkerja dengan masyarakat untuk memperbaki kehidupan orang orang disekitarnya. Wirausaha sosial bisa berupa organisasi atau gerakan non-profit/karitatif atau sebauah wirausaha yang menghasilkan untung/profit. Wirausaha sosial menginvestasikan MAYORITAS profit/keuntugan mereka pada komunitas di mana mereka bekerja.
Karakeristik Socio-Enterpreuner
- Memiliki Misi Sosial dan Lingkungan yang jelas dalam dokument /Panduan Resmi organisasi/bisnis
- Menghasiljan mayoritas Pendapatan dari hasil jual beli trading degan revenue mayortias dari jual beli barag dan jusa bukan dari hibah/rant
- Menginvestasikan kembali Mayoritas Profit pada aktivitas sosial/ Komunitas
- Dihasilakn atau didorong oleh misi sosial
- Akuntable dan Trasparan
Masalah Yang sering dihadapi di Socio-Enterpreuner ;
- Mindset
- Minim kemitraan
- Susah akses modal
- Lulusan sarjana lebih tertarik kerja dikantoran
- Kehilangan keanekaragaman pangan
- 90% usulan program masih berupa fisik
- Regulasi yang belum sinkron dari pusat-desa
- Budaya local kian punah
- Multi organisasi di level desa
- Hilangnya varietas benih local
Tantangan yang harus bisa diatasi untuk Socio-Enterpreuner ;
- Komitmen/ motivasi
- Sumberdaya manusia
- Management tatakelola
- Minim kreativitas dan inovasi
- Infarstruktur
Tentu untuk melakukan Socio-Enterpreuner ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan adanya perjuangan yang lebih jika dibandingkan dengan melakukan bisnis yang seperti biasanya.
Leave a Reply