20 November, 2020
Karakeristik Socio-Enterpreuner dan Tantangan yang Harus Dihadapi

Karakeristik Socio-Enterpreuner dan Tantangan yang Harus Dihadapi

Wirausaha Social: Bisnis atau wirausaha yang bertujuan  Menjawab persoalan sosial dan lingkungan, yang berkerja dengan masyarakat untuk memperbaki kehidupan orang orang disekitarnya. Wirausaha sosial bisa berupa organisasi atau gerakan non-profit/karitatif atau sebauah wirausaha yang menghasilkan untung/profit. Wirausaha sosial menginvestasikan MAYORITAS  profit/keuntugan mereka pada komunitas di mana mereka bekerja.

Karakeristik Socio-Enterpreuner

  • Memiliki Misi Sosial dan Lingkungan yang jelas dalam dokument /Panduan Resmi organisasi/bisnis
  • Menghasiljan mayoritas Pendapatan dari hasil jual beli trading degan revenue  mayortias dari jual beli  barag dan jusa bukan dari hibah/rant
  • Menginvestasikan kembali Mayoritas Profit pada aktivitas sosial/ Komunitas
  • Dihasilakn atau didorong oleh misi sosial
  • Akuntable dan Trasparan

Masalah Yang sering dihadapi di Socio-Enterpreuner ; 

  • Mindset
  • Minim kemitraan
  • Susah akses modal
  • Lulusan sarjana lebih tertarik kerja dikantoran
  • Kehilangan keanekaragaman pangan
  • 90% usulan program masih berupa fisik
  • Regulasi yang belum sinkron dari pusat-desa
  • Budaya local kian punah
  • Multi organisasi di level desa
  • Hilangnya varietas benih local

Tantangan yang harus bisa diatasi untuk Socio-Enterpreuner ; 

  • Komitmen/ motivasi
  • Sumberdaya manusia
  • Management tatakelola
  • Minim kreativitas dan inovasi
  • Infarstruktur

Tentu untuk melakukan Socio-Enterpreuner ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan adanya perjuangan yang lebih jika dibandingkan dengan melakukan bisnis yang seperti biasanya.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hubungi Kami