25 October, 2020
Istilah-istilah penting dalam Pengendalian Internal

Istilah-istilah penting dalam Pengendalian Internal

Dalam SPI tentunya ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan untuk bisa memastikan bahwa sebuah perusahaan berjalan sesuai dengan rencana. Perlu adanya pengawasan yang dilakukan agar hal tersebut bisa tercapai.

Namun tentu ada banyak hal yang perlu diketahui, salah satunya adalah mengenai istilah-istilah penting dalam Pengendalian Internal.

Berikut ini adalah beberapa Istilah-istilah penting dalam Pengendalian Internal yang secara umum perlu diketahui ;

Kondisi Terlaporkan (Reportable Condition)

Istilah lainnya adalah Defisiensi Signifikan, kedua istilah ini dipergunakan dalam mendefinisikan suatu kondisi yang defisiensi secara signifikan di dalam rancangan atau operasional atas pengendalian intern yang mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam melakukan pencatatan, proses, mengkompilasi dan melaporkan data keuangan yang konsisten dengan asersi manajemen di dalam laporan keuangan perusahaan. Defisiensi signifikan yang luas dapat mengakibatkan Kelemahan Material (Material Weakness).

Kelemahan Material (Material Weakness)

Didefinisikan sebagai kondisi yang terlaporkan dimana rancangan atau opersional dari salah satu atau lebih pengendalian intern-nya tidak mampu mengurangi atau menurunkan suatu resiko ringan atau salah penyajian yang disebabkan oleh kesalahan atau penggelapan yang jumlahnya relatif material kaitannya dengan laporan keuangan yang jika di audit akan dapat ditemukan, akan tetapi tidak terdeteksi dalam periode yang sama oleh pegawai dalam pelaksanaan pekerjaan secara normal.

Kompensasi Pengendalian (Compensating Control)

Ada beberapa perusahaan yang karena skala usahanya memang termasuk kecil, mengakibatkan perusahaan tidak memungkinkan untuk melaksanakan pengendalian intern yang sederhana sekalipun (misalnya : pemisihan tugas atau fungsi). Adalah penting bagi manajemen untuk melakukan kompensasi terhadap bagian yang pengendaliannnya lemah atau tidak dapat berjalan untuk suatu kurun waktu tertentu. Dalam hal internal manajemen telah melakukan kompensasi untuk menutupi kelemahan pengendalian tersebut, internal auditor seharusnya tidak melaporkan kelemahan tersebut sebagai material weakness, bahkan reportable condition sekalipun, hendaknya disesuaikan dengan sekala perusahaan.

Oleh sebab itu untuk meningkatkan kemampuan Bagian SPI di Organisasi yang Bapak/Ibu pimpin ini bisa mengikuti Pelatihan SPI yang kami selenggarakan. Pelatihan SPI yang kami selenggarakan ini bisa Offline maupun Online.

Jika menghendaki secara Offline tentu di Era Pandemi sekarang ini kita harus mematuhi semua Protokol Kesehatan yang ada. Kami Meravi.ID siap menerapkan protokol kesehatan yang ada di Era New Normal ini. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai Pelatihan ini, bisa langsung menghubungi di tombol whatsapp yang ada di bawah layar smartphone Bapak/Ibu. Atau jika tidak bisa, bisa langsung menghubungi kami di halaman Hubungi Kami.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hubungi Kami