Inkubator Kewirausahaan Dorong Kemajuan UMKM Tlogodadi

Inkubator Kewirausahaan Dorong Kemajuan UMKM Tlogodadi

Inkubator Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM di Kalurahan Tlogoadi (PUPM) menjadi angin segar bagi para pelaku usaha mikro di wilayah tersebut. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sleman bermitra dengan Meravi.id pada tanggal 23-25 April 2024 ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM melalui pendataan, kemitraan, kemudahan perizinan, penguatan kelembagaan, dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan.

25 peserta dari berbagai sektor usaha di Kalurahan Tlogoadi mengikuti pelatihan ini dengan antusias. Mereka mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat untuk mengembangkan usaha mereka.

Pada hari pertama, para peserta mendapatkan materi tentang “Membuka Mindset Wirausaha dan Succes Story UMKM Naik Kelas dalam Membangun Bisnis yang Handal”. Materi ini disampaikan oleh Ibu Erryza Susilo, S.S. dari UMKM Naik Kelas Buana Sari Puding. Para peserta diajak untuk membuka pola pikir mereka sebagai wirausahawan dan mempelajari strategi untuk membangun bisnis yang sukses.

Di hari kedua, para peserta mendapatkan materi tentang “Laporan Keuangan Sebagai Alat Bantu Pengambilan Keputusan Operasional dan Strategis”, “Praktik Mencatat Transaksi Keuangan Menggunakan Buku Bantu Keuangan dan Menentukan Harga Pokok Produk”, dan “Problematika UMKM tantangan Dalam Penggunaan Kemasan Produk”. Materi-materi ini disampaikan oleh Widodo Prasetyo Utomo, S.Ak, Moh. Rizal Trinanda, S.Ak, dan Annas Nurhidayat, S.E dari Meravi.id. Para peserta dilatih untuk memahami pentingnya laporan keuangan, mencatat transaksi keuangan dengan benar, dan menentukan harga pokok produk mereka.

Pada hari terakhir, para peserta mendapatkan materi tentang “Foto Produk dan Copywriting”, “Optimalisasi Google Bisnisku dan Whatapps Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan”, “Digitalisasi Pemasaran untuk UMKM”, dan “Satu Data UMKM dan keberlanjutan kegiatan”. Materi-materi ini disampaikan oleh Havri Ahsanul Fu’ad, S. Ak., M. Ak, M. Rezza Atthoriq, S.I.Kom, dan Ibu Sri Wahyuni Budiningsih, SE.,M.Si. Peserta dilatih membuat foto produk, copywriting, pemasaran digital, dan memahami pentingnya Satu Data UMKM.

Inkubator Kewirausahaan ini tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga memberikan peluang bagi para peserta untuk membangun jaringan dan kerjasama dengan para pemangku kepentingan. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing UMKM di Kalurahan Tlogoadi dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.

Pemerintah Kabupaten Sleman berkomitmen untuk terus mendukung dan memberdayakan UMKM di wilayahnya. Melalui berbagai program dan kegiatan, seperti Inkubator Kewirausahaan, diharapkan UMKM di Kabupaten Sleman dapat berkembang dan maju menjadi penggerak ekonomi kerakyatan. (Maulana)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami
http://38.47.180.77/ https://trakiahospital.com/ scatter hitam http://toyota-wiki.com/ http://zgarbi.com/ http://virgemmaria.com/ https://e-macherie.com/ https://h-4-d.com/ https://f1actual.com/ https://www.globalpopularity.com/ https://ribboncarousel.com/