23 January, 2021
Kerjasama Kajian Kelayanan Bisnis Anak Perusahaan PT Mitra Bumdes Nusantara

Hal yang Perlu diperhatikan dalam Mengambil Keputusan Saat Musyawarah Desa

Kapasitas politik itu sangat tergantung dari proses politik, kalau kita berangkat dari sebuah proses politik yang bermasalah kapasitas politik kita itu mesti bermasalah, termasuk upaya untuk kemudian merekonsiliasi dari rekonsiliasi konflik pasca Pilkades menjadi persoalan utama.

Ketika proses politik yaitu sudah bermasalah Kenapa konflik itu tidak pernah berakhir karena pada waktu kontestasi itu proses politiknya yang bermassalah melibatkan modal-modal yang sangat kuat atau kemudian dalam prakteknya misalnya menggunakan isu-isu sectoral.

Kemudian proses politik atau konflik politik itu tidak berakhir seiring dengan berakhirnya kontestasi. Itulah kenapa Pentingnya menjaga proses politik Bagaimana kemudian kita bersama-sama mewujudkan proses Pilkades dan proses proses politik yang lain secara bermartabat tanpa melibatkan uang tanpa pembuktian.

Mengapa menggunakan isu-isu yang sifat yang memecah belah itu menjadi salah satu tantangan yang sampai hari ini menjadi menjadi persoalan Bersama?

Seorang pemimpin yang baik yang terkait dengan bagaimana melakukan pendekatan dengan melaksanakan proses formal musyawarah desa musyawarah Dusun dan lain sebagainya.  penting tetapi jangan dilupakan bahwa proses proses non formal itu juga jauh lebih penting.

Jadi upaya untuk kemudian masuk ke pada masyarakat ini melibatkan mendorong masyarakat agar kemudian terlibat dalam proses proses pembangunan yang kita lakukan itu sebenarnya menanamkan kepercayaan. Dari kepercayaan itu bisa dibangun bukan berangkat dari proses-proses formal tetapi dari proses-proses yang non formal.

Bagaimana kemudian keteladanan itu menjadi salah satu kunci pokok kita juga mendayagunakan forum-forum di luar forum resmi untuk kemudian melakukan fungsi aspirasi dari menyerap aspirasi untuk respon-respon situasi yang dihadapi oleh warga desa hingga salah satu kapasitas dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah kapasitas responsive.

Bagaimana mereka itu mengatasi kebutuhan ataupun persoalan yang dihadapi warga desa.  Untuk meningkatkan kapasitas responsif kuncinya hanya lebih sering turun ke lapangan, masyarakat dikunjungi berinteraksi langsung dengan warga desa. itu menjadi salah satu bahan latihan yang harus kita lakukan untuk meningkatkan kapasitas responsive.

Seringkali keputusan yang kita ambil sebagai Pemimpin yang ada di Desa ini pasti akan ada yang suka dan tidak suka. Meskipun niat kita sudah baik untuk mensejahterakan masyarakat desa, namun pasti akan ada yang tidak suka. Oleh sebab itu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan memberi bukti, bahwa apa yang kita lakukan ini adalah benar adanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami