Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menentukan Unit Usaha BUMDES

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menentukan Unit Usaha BUMDES

BUMDES atau Badan Usaha Milik Desa adalah sebuah badan usaha yang memiliki misi khusus untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Desa. Tentu untuk bisa melakukan hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh sebuah BUMDES. Perlu adanya pemetaan potensi dan masalah yang harus dilakukan terlebih dahulu oleh pengelola untuk menentukan unit usaha BUMDES.

Potensi dan Problem adalah dua latar belakang yang bisa digunakan oleh sebuah BUMDES untuk digunakan sebagai acuan untuk menjadikannya menjadi unit usaha. Namun kedua hal tersebut harus dilakukan pemetaan lebih lanjut. Apakah potensi dan masalah tersebut harus dilakukan analisa lebih lanjut.

Apakah masalah-masalah yang ada di desa sendiri ini sudah terselesaikan dengan baik atau tidak. Masyarakat mungkin akan berpikir mengapa saya harus membantu bumdes sedangkan bumdes tidak mau mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat.

BUMDES yang bisa berhasil ini adalah yang menyelesaikan masyarakat, sehingga nantinya BUMDES ini akan mendapatkan dukungan langsung dari masyarakat. Tentu ini menjadi pertanyaan kembali. Apakah BUMDES mampu menyelesaikan masyarakat?

Misal saja permasalahan sampah, tentu BUMDES ini harus bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat ini dengan memilih unit usaha pengelolaan sampah. Nantinya pasti masyarakat akan mendukung BUMDES ini. Tentu dengan membeli produk hasil pengelolaan sampah ini.

Secara umum jenis usaha bumdes dibagi menjadi 5 klaster usaha ;
1. Bisnis Sosial (Pengelolaan Sampah, Irigasi, Listrik, Air Bersih)
2. Wisata Desa (Wisata Alam, Wisata Budaya)
3. Produksi (Pengelolaan hasil pertanian)
4. Jasa Perdagangan (pasar desa, bumdesmart)
5. Jasa Keuangan (Simpan Pinjam)
6. Jasa Lainnya (Jasa Sewa Mobil, Sewa Taruk dll)

Tentu untuk memulai Jenis Usaha BUMDES yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat diperlukan analisis lebih lanjut. Jangan sampai usaha BUMDES ini mengambil alih usaha yang sudah dilakukan oleh masyarakat. BUMDES harus mengambil jenis usaha yang tidak dilakukan oleh masayrakat, dan kalau bisa seperti yang sudah kita bahas diawal tadi harus yang bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh kebanyakan masyarakat desa.

Tentu ini tidaklah mudah untuk dilakukan, kita harus melakukan pemetaan potensi dimulai dari bentang alam yang ada di desa ini, bentang sosial, dan kita harus memetakan juga jenis usaha apa saja yang sudah dilakukan oleh masyarakat.

Kita harus melihat dari berbagai macam sisi, dan kita harus mengetahui apakah masyarakat yang tinggal di desa kita ini termasuk masyarakat kelas menengah kebawah, menengah keatas atau kelas atas semua. Tentu ini akan menjadi salah satu hal yang bisa kita gunakan / ukuran untuk membuat sebuah unit usaha.

Jika sahabat ingin belajar lebih lanjut mengenai hal ini, Bagaimana membuat Pemetaan BUMDES agar unit usaha BUMDES yang dilakukan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, sahabat bisa mengikuti Pelatihan BUMDES yang kami selenggarakan.

Selain memberikan program pelatihan bumdes, kami juga menyelenggarakan pendapingan kepada BUMDES untuk bisa memulai, menguatkan kelembagaan BUMDES agar bumdes bisa mencapai tujuan dibentuknya yaitu Mensejahterakan Masayarakat. Sahabat bisa langsung menghubungi kami lewat tombol whatsapp yang ada dibawah layar atau bisa melalui halaman Hubungi Kami.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami