14 April, 2021

FGD Peta Jalan BUMDES 10 Desa Brilian

Kegiatan Pendampingan dan Penguatan 10 Pemenang Desa Brilian sudah dimulai. Kegiatan Pendampingan ini dibuka dengan kegiatan FGD yang dilaksanakan pada tanggal 6 Januari 2020.

Acara FGD 10 Desa Brilian ini diikuti oleh 10 Pemenang Desa Brilian, Berikut ini adalah daftar lengkap pemenang Desa Brilian 2020 ;

  1. Desa Sekapuk Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik, Jawa Timur
  2. Desa Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
  3. Desa Sumber Agung Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat
  4. Desa Tebara Kecamatan Waikabukak Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur
  5. Desa Kuala Alam Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis, Riau
  6. Desa Koto Ranah Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat
  7. Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  8. Desa Manjapai Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
  9. Desa Menanga Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali
  10. Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

Acara FGD Peta Jalan BUMDES ini dimulai jam 09:00 WIB sampai 16:00 WIB. Acara dimulai dari pembukaan dari MC, dan langsung dilanjutkan dengan sedikit pemaparan Materi dari Bapak Rudy Suryanto.

Dalam pemaparan materinya Pak Rudy menyampaikan bahwa kondisi saat ini adalah momentum yang tidak boleh dilewatkan oleh desa agar bisa menggerakkan ekonomi dari Desa. Di tengah pandemi, Desa masih bisa terus bertahan, bahkan bisa bertumbuh.

Desa memiliki sumber daya yang luar biasa. Bisa dimulai dari pemunuhan kebutuhan pokok masyarakat. Bantuan langsung tunaipun bisa dijadikan sebagai sebuah peluang. Jangan sampai uang yang diberikan ke masyarakat Desa ini dibawa dan dihabiskan di Kota. Sebagai pengelola Desa kita harus bisa mengambil peluang ini.

Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang peluang yang ini. Namun setiap apa yang diberikan Pemerintah ke Desa, sebagai pengelola kita harus bisa memanfaatkan hal tersebut untuk tujuan utama yaitu kesejahteraan masyarakat dan bisa meningkatkan pendapatan asli desa.

Acara FGD kemudian dilanjutkan dengan diskusi dari 10 Desa Pemenang Desa Brilian.

Di Sesi Kedua FGD Peta Jalan BUMDES ini, dimulai dengan pemaparan dari tim bumdes.id untuk penyusunan rencana bisnis dan penguatan BUMDES. Begitu halnya dengan sesi pertama tadi, sesi kedua ini juga dilakukan diskusi terbuka untuk mendapatkan titik temu antara desa dan tim bumdes.id guna pendampingan 10 Pemenang Desa Brilian selama 3 Bulan Kedepan.

Semoga apa yang kita lakukan hari ini bisa membuat 10 Desa Pemenang ini bisa semakin berkembang dan Maju. Kebangkitan Ekonomi Indonesia dari Desa bukanlah hanya mimpi semata. Kita bisa melakukannya jika kita mau untuk terus berjuang dan bergerak.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami