6 July, 2020
Bisnis Online Solusi Bisnis di Era Sekarang ini

Bisnis Online Solusi Bisnis di Era Sekarang ini

meravi.id ~ Sekarang ini dunia sedang disibukkan dengan wabah Virus Corona COVID-19. Ada banyak sekali kasus yang aktif di seluruh dunia. Virus ini menyerang seluruh dunia tanpa terkecuali negara kita Indonesia.

Dengan adanya pandemi ini tentunya menimbulkan banyak sekali efek negatif, salah satunya dalam dunia bisnis. Banyak sekali jenis bisnis yang terdampak Virus Corona ini, seperti Pariwisata, Pendidikan dan berbagai macam sektor bisnis.

Namun tentu dari sekian banyaknya sektor bisnis yang terkena imbas oleh Virus Corona ini ada satu hal yang yang perlu kita syukuri, bahwa Bisnis yang bisa berjalan secara Online adalah merupakan sebuah Bisnis yang bisa berjalan di Era Pandemi ini.

Namun apakah sahabat tahu mengenai Bisnis Online? Berikut ini akan kami ulas sedikit ;

Bisnis online merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet). Setiap pelaku usaha yang sebagian aktivitasnya ataupun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis online.

Pada era modern saat ini, berbisnis online sudah banyak dilakukan orang bahkan sebagian dari mereka menjadikan bisnis online sebagai bisnis utama mereka. Mengapa kini bisnis online menjadi pilihan? Mari kita bandingkan antara Bisnis Konvensional (Offline) dengan Bisnis Online.

Bisnis Konvensional :

  • Modal relatif besar, misalnya membuka toko, nilai sewa tempat/ ruko cukup tinggi
  • Memerlukan pegawai
  • Jangkauan konsumen terbatas oleh jarak dan waktu
  • Tidak bisa full time, ada jam buka
  • Bergantung dengan cuaca
  • Anda harus terlibat langsung

Bisnis Online :

  • Tidak memerlukan toko dalam bentuk fisik
  • Bisa tanpa pegawai
  • Jangkauan pemasaran luas
  • Bisa full time 24/7 penuh
  • Bebas kendala cuaca
  • Anda tidak harus bekerja full time, bisa dibuat otomatis. Butuh sedikit penanganan  manual.

Bisnis Online sendiri ada beberapa jenis:

  1. Online to Online : Maksudnya bisnis online yang dijalankan secara online juga. Contohnya jualan domain dan hosting, jualan ebook, jualan jasa-jasa seperti web design, SEO service, dll.
  2. Online to Offline : Maksudnya bisnis online yang kemudian dijalankan secara offline. Contohnya: Seminar-seminar bisnis online, kursus web design, pelatihan SEO, dll.
  3. Offline to Online : Maksudnya bisnis online yang sebenarnya dijalankan secara offline tapi kemudian dipromosikan melalui media online. Contohnya toko-toko online yang menjual barang fisik.

Sementara itu berdasarkan peran para pelakunya, bisnis online ada 3 pihak:

  1. Owner : adalah pemilik produk atau jasa.
  2. Marketer : adalah para ahli pemasar produk yang tidak memiliki produk sendiri
  3. Publisher: adalah para pemilik web yang menyediakan ruang bagi promosi produk.

Untuk sahabat yang ingin memulai Bisnis Online ada beberapa syarat yang bisa sahabat penuhi, diantaranya adalah sebagai berikut ;

  1. Mampu mengoperasikan PC/Laptop dengan baik

Karena semua keiatan dilakukan via online/internet maka kemampuan mengoperasikan PC/laptop mutlak diperlukan

  1. Memiliki koneksi internet yang cepat

Kecepatan koneksi internet sangat berpengaruh dalam menjalankan bisnis online, jalan sampai aktivitas anda tertunda karena koneksi internet yang lemot. Bisa-bisa anda akan kesal dibuanya.

  1. Memiliki email

Membuat email adalah hal yang mudah. Untuk berbisnis online, emal banyak sekali manfaatnya. Jadi biasakan diri anda berinteraksi menggunakan email. Email bisa bermanfaat untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mengirim sales letter, mendaftarkan diri diberbagai website, dll.

  1. Memiliki akun bank lokal

Sebaiknya anda punya lebih satu rekening bank lokal, ya setidaknya tiga bank. Karena ini akan memudahkan customer anda untuk transfer. Biasanya customer cenderung mencari akun bank yang sama.

  1. Memiliki akun bank sedunia

Paypal contohnya. Jika anda menargetkan pasar luar negeri maka punya akun paypal wajib hukumnya. Karena memudahkan anda bertransaksi. Namun jika target pasarnya masih lokal, hanya memiliki akun bank lokal sudah lebih dari cukup.

Untuk sahabat yang ingin belajar untuk Bisnis Online bisa mengikuti Pelatihan Online ditengah pandemi ini bersama meravi.id. Selalu kunjungi meravi.id untuk tahu informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan Bisnis Online. Untuk lebih jelas kapan waktunya bisa langsung klik Halaman Agenda. (Ahmad/Meravi.id)

 

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *