26 January, 2021
6 Kunci Sukses dalam Mendampangi BUMDES

6 Kunci Sukses dalam Mendampangi BUMDES

Meravi.id, Di tengah Pandemi tentunya bukanlah hal yang mudah untuk melakukan sebuah Pendampingan. Dimana pendampingan yang bisa lebih efektif adalah dengan bertatap muka secara langsung. Namun di tengah Pandemi ini kita bisa merubah metode pendampingan ini yang seharusnya bertatap muka secara langsung dengan cara virtual.

Tentu dengan cara ini Pendampingan sepenuhnya bergantung kepada Masyarakat setempat. Apakah mereka mau mengambil langkah Maju atau tidak. Atau mereka hanya berdiam diri, menerima keadaan saja. Padahal momen saat ini untuk Desa. Sudah diberi kewenangan untuk mengelola dananya sendiri. Maka Nikmat mana lagi yang didustakan.

Tentu Pendampingan yang efektif adalah yang bisa bertatap muka langsung, namun karena keadaan seperti sekarang ini kita harus bisa terus bergerak maju untuk terus mendampingi Desa dan BUMDES untuk bisa maju dan bisa menjadi Garda Terdepan pemulihan Ekonomi Nasional.

Dalam mendampingi sebuah Badan Usaha Milik Desa ini tentu ada beberapa hal yang perlu sahabat perhatikan. Berikut adalah 6 Kunci Sukses dalam Mendampangi BUMDES  ;

  1. Goal Setting ; Pendampingan yang berhasil adalah yang memiliki Tujuan yang jelas, kita harus punya mimpi yang jelas dan menjadi nomer satu.
  2. Condition ; Kita harus benar-benar mengenali diri kita baik itu kekuatan yang kita miliki dan berbagai macam kekurangan. Kita bersaing dan bergerak ini harus berdasarkan kekuatan dan kembali ke core kita. Misal Syncore ini adalah Consulting, System, Training dan Media.
  3. Plan ; Strategi (Mengenal Diri dan Lingkungan). Kita harus bisa membaca arus Kebijakan Pemerintah untuk menyusun strategi yang akan kita lakukan.
  4. Product ; Harus memiliki Produk yang bisa digunakan berkali-kali. Misal Bumdes TOT dan Buku.
  5. Inkubasi ; untuk produk diterima pasar kita perlu yang namanya Inkubasi. Misal campaign di Media Social dengan satu fokus, misal saat ini isu pangan yang selalu kita campaign di Media Social.
  6. Manajemen ; Langsung di Tes di pasar, apa yang bagus dan diterima pasar. Kita bisa mencoba 3 bulan terlebih dahulu jika tidak laku maka kita lakukan discontinue atau dihentikan.

Di Bulan Agustus sampai Oktober ini, tim kami meravi.id dan bumdes.id sedang melakukan pendampingan untuk Menguatkan dan Mengembangkan BUMDES di Kepulauan Nias. Ada 6 Desa yang kami dampingi selama 3 bulan ini.

Semoga apa yang kami lakukan ini bisa membantu BUMDES yang ada di Nias untuk bisa menjadi Bumdes yang Tangguh, Maju dan Menjadi BUMDES garda terdepan dalam penanganan Pandemi Covid-19 ini. Aamiin

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Kami